Efek baik & buruk nya diet ketofastosis

Oleh : Ir.Gordon Djemat,AKP
Akupunturist & Penyuluh Kesehatan PT.SOMAN INDONESIA

Mitra sehat , Beberapa waktu terakhir, muncul satu metode diet yang menjadi tren yaitu diet ketofastosis. Ketofastosis merupakan gabungan dari ketogenic dan fastosis.
Ahli Gizi Leona Victoria menjelaskan, diet ketofastosis kuncinya adalah mengganti sistem metabolisme tubuh, dari yang menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar utama menjadi lemak. Kita akan bahas hari ini bersama Ir.Gordon Djemat,AKP akupunturist & penyuluh kesehatan PT.Soman Indonesia.

Apa itu diet ketofastosis..?
Ketofastosis (KF) adalah perpaduan antara diet Ketogenic dan Fastosis . Fastosis kepanjangan dari “Fasting on Ketosis” yang berarti puasa dalam kondisi ketosis .
Ketosis artinya suatu kondisi dimana liver manusia memproduksi Keton sebagai sumber energi pengganti glukosa yang digunakan oleh seluruh tubuh . Hanya keton yang bisa menggantikan peran glukosa memberikan asupan energi ke otak .  Ketosis hanya terjadi apabila tidak ada lagi asupan karbohidrat dan glukosa ke tubuh .

Bagaimana pola diet tersebut ..?

Ketogenic Diet
Ketogenik Diet adalah diet komposisi yang bertujuan untuk mengubah kondisi metabolisme glukosa (gula atau karbohidrat) menjadi metabolisme lemak (ketogenesis) . Dimana tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama untuk metabolism dan tidak lagi menggunakan glukosa atau karbohidrat (glycolysis – Oxidative Phosphorylation) .
Diet komposisi ini akan membuat sel-sel lemak ditubuh diproses dirubah menjadi sumber energi (lipolysis) dalam bentuk “Free Fatty Acid (FFA)” dan “Ketone Bodies (Ketone)” . Karena metabolisme lemak ini membutuhkan proses Respirasi (oksigen tinggi) untuk menghasilkan energi dari FFA dan Ketone yang beredar ditubuh maka hanya sel normal / sehat (mithocondria sempurna) saja yang dapat menggunakan FFA dan Ketone sebagai sumber energi untuk metabolisme (Beta-Oxidation) .
Dengan demikian sel-sel abnormal seperti sel kanker , sel terinfeksi (virus) , sel rusak , menua, dan pathogen (bakteri, parasit, fungal, jamur) , akan kehilangan sumber energi utama mereka,  yaitu glukosa dan akan tereliminasi terseleksi dengan Ketogenic Diet ini (Cellular Level Natural Selection) .

Apa diet tersebut cocok untuk setiap orang ..?
Pada awal pasti cukup mudah tapi ada masa ketika mulai muncul efek samping diet ketogenic ini. Biasanya disebut healing crisis (HC) atau Body Reset . Tenang aja  karena perubahan metabolisme glukosa ke keton tentu tidak mudah bagi semua orang . Tapi semua akan berlalu antara 3-20 hari saja .

Apa efek baik dan buruk nya diet ketofastotis..?

Efek diet
Jadi sebelum Anda memulai diet ini  galilah banyak informasi dan cari tahu bagaimana diet ini akan mengubah Anda . Selain itu  persiapkan diri Anda apakah benar-benar berubah secara drastis .

Menjalani diet ini akan mengalami "healing crisis"  istilah yang digunakan kelompok ketofastosis yaitu kondisi-kondisi tidak enak yang terjadi saat mengubah sistem metabolism.

Kondisi tidak enak yang dimaksud adalah bisa berupa timbulnya jerawat parah, kulit gatal-gatal , kulit kering parah , ketombe ,  mual , lemas , sampai tidak bisa berdiri .
Pada awalnya diet ketofastosis ditujukan untuk penderita epilepsi . Dan dari beberapa laporan disebutkan bahwa diet ketofastosis juga bermanfaat untuk menangani diabetes dan PCOS sindrom ovarium pokistik) .

Namun bagi penderita penyakit kronis seperti asam urat diabete,  ginjal, dan kanker,  keefektifan diet ini belum terbukti secara ilmiah, karena bukti yang ada masih anekdotal dan testimonial . Jadi, perlu dilakukan riset yang baik .
 
Adakah efek samping nya diet ketofastosis..?

Berikut adalah beberapa efek samping diet ketogenik :
1. Muntah dan mual-mual
Ketika seseorang mulai menjalankan metode diet ini maka tubuh akan menerima asupan makanan tinggi lemak pada fase ini tubuh akan mulai berada pada masa transisi dimana karbohidrat yang biasanya digunakan sebagai sumber energy justru digunakan sebagai pembakar lemak .

2. Susah BAB
Karena metode diet ini rendah akan serat maka kemungkinan besar pelakunya akan mengalami kesulitan dalam buang air besar. Oleh sebab itudokter pada umumnya memberikan pencahar  untuk pasiennya agar pasien tidak lagi mengalami kesulitansaat buang air besar.

3. Lemak darah tidak normal
Karena diet ini menggunakan lemak sebagai sumber energinya maka secara tidak langsung meningkatkan kadar lemak dalam darah artinya kolesterol juga meningkat.
Meski demikian belum diketahui efek jangka panjangnya apakah akan berpengaruh pada kesehatan jantung atau tidak.

4. Batu ginjal
Tercatat 3 sampai 7% anak yang menjalankan diet ketogenik bermasalah dengan batu ginjal seperti yang dinyatakan oleh Dr. Eric Kossoff pada tahun 2009 dalam sebuah jurnal berjudul Epilepsia pembentukan batu ginjal bisa disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

Asam urat ini pada akhirnya memicu terbentuknya kristal asam urat dalam air seni seseorang dan berubah menjadi batu ginjal. Oleh sebab itu para ahli menyarankan agar para pengguna metode ini selalu memperhatikan asupan cairan harian mereka.

5. Kelainan pada tulang dan pertumbuhan
Magnesium kalsium dan amino ditekan sedemikian rupa dalam diet ketogenik hal ini menyebabkan tulang dan pertumbuhan seseorang akan terganggu
Selain mengganggu pertumbuhan hal ini juga dapat meningkatkan resiko seseorang terhadap patah tulang. Oleh karenanya para ahli merekomendasikan para penggunanya untuk mengkonsumsi suplemen kalsium, magnesium dan amino. Kelima efek samping diatas sering tidak disadari oleh para pelakunya meskipun berbahaya namun jika mengikuti semua yang dianjurkan oleh dokterkita akan terlepas dari semua hal buruk di atas

Mengapa diet selalu identik dengan wanita..?
1. Bebas
Bebas bukan berarti jomblo Bebas yang wanita inginkan adalah mereka bebas dari segi aktifitas agar bisa melakukan apa saja seperti orang-orang pada umumnya. Mereka bebas kemana sajadan melakukan apa saja tanpa ada halangan yang menghadang . Contoh kecilnya adalahseorang wanita bebas bermain ayunan tanpa harus takut pengikat ayunan lepas karena beban berat badan yang berlebihan. Nah itu adalah sebuah aktifitasyang bisa di katakan bebas .

2. Lari Lebih Kencang
Alasan unik lainnya adalah wanita menginginkan menjadi larinya lebih kencang. Menarik bukan? Walaupun sudah jarang wanita main kejar-kejarandengan teman-temannya setelah dewasa bahkan itu tidak pernah terlihat. Maksud lain dari  alasan ini adalah wanita lebih menginginkan menjadi gesit dalam melakukan aktifitasnya. Seperti jika seorang karyawan rumah makan akan lebih gesit mengantarkan makanan-makanan ke setiap meja yang memesan jika kondisi tubuhnya ideal. Dan alasan ini jangan disalah artikan menjadi berlari dari kejombloan.

3. Agar Bisa Menggunakan Pakaian Size Kecil
Wanita mana yang sering kita temui tidak suka memakai pakaian yang lebih kecil atau lebih slim. Rata-rata semua menyukainya agar penampilan menjadi lebih menarik. Perlu anda ketahui rata - rata pakaian-pakaian dengan model kekinian atau biasa pun size lebih kecil lah yang lebih menarik untuk dibeli. Sangat jarang pakaian menarik terdapat pada size yang lebih besar / Jadi itu lah alasan wanita melakukan diet.

4. Menarik Perhatian Pria
Selanjutnya alasan wanita melakukan diet adalah untuk menarik perhatian pria. Bukan suatu hal yang bukan dirahasiakan lagi wanita suka mencari perhatian seorang pria  walaupun kenyataannya pria juga suka mencari perhatian wanita. Melakukan diet untuk wanita membuat dirinya merasa pede dan bisa berpenampilan menarik dengan menggunakan baju yang menarik pula. Tentunya akan mengundang ketertarikan pandangan seorang pria terhadap wanita. Pria mana yang tidak suka dengan wanita yang bisa merawat tubuhnya secara baik dan berpenampilan menarik.

Apa jenis diet yang harus saya ikuti?
Anda harus mengikuti diet sehat yang Anda sukai dan yang dapat Anda lakukan. Diet harus rendah lemak (terutama lemak jenuh dan trans) dan gula ,tinggi serat dan protein. Anda harus mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat pilihan makanan yang sehat.

Dokter atau ahli gizi bisa memberikan saran tentang jenis makanan seperti apa yang merupakan pilihan yang sehat. Ingatlah untuk memperhatikan porsi makan Anda , Porsi daging yang sehat adalah yang seukuran tumpukan kartu. Porsi nasi atau pasta yang sehat adalah seukuran kepalan tangan Anda.  Jika Anda memerlukan bantuan untuk memahami label tanyakan kepada dokter atau ahli gizi untuk menjelaskannya.

Apakah akan sulit untuk mengubah pola makan saya?
Mungkin sulit dan juga mungkin memakan waktu untuk pertama kalinya  tetapi cobalah untuk tidak berkecil hati. Usaha Anda tidak akan sia-sia! Kuncinya adalah untuk terus mencoba untuk makan makanan yang tepat.

Berikut adalah beberapa saran untuk membantu Anda mengubah kebiasaan makan Anda:
1. Buatlah perubahan yang kecil dan perlahan-lahan agar lebih mudah untuk membuatnya jadi bagian  dari kehidupan sehari-hari Anda.
2. Buatlah juga catatan makanan Gunakan catatan ini untuk membantu Anda melihat apakah Anda perlu makan lebih banyak untuk kelompok makanan tertentu seperti buah-buahan sayuran atau produk susu rendah lemak.
3. Meminta bantuan dari dokter keluarga Anda atau ahli gizi terutama jika Anda memiliki masalah medis yang memerlukan diet khusus.
Ada manfaat nya gak sih kalau kita konsumsi  tambahan seperti vitamin an supplement . atau seperti herbal soman ..? apa manfaat nya..?

Adapun manfaat dari Herbal Soman :
1. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Mampu meningkatkan proses regenerasi sel.
3. Mampu mengoptimalkan metabolisme tubuh.
4. Melancarkan sirkulasi darah.
5. Mengangkut nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh.
6. Membantu mengatasi mata rabun.
7. Membantu penderita jantung koroner.
8. Membantu penderita gejala stroke.
9. Membantu permasalahan pada ginjal.

Manfaat lain SOMAN dari omega-3 yang dikandungnya:
1.    Sebagai anti inflamasi
2.    Dapat mengurangi depresi
3.    Dapat meningkatkan kesehatan otak
4.    Menurunkan kadar kolestrol tinggi

Lalu bagaimana konsumsi soman nya ..? berapa dosisnya..?
10 Tetes 3x sehari

Jadi intinya apa yang harus kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap ideal dan sehat berkualitas..?
Untuk menjaga tubuh tetap ideal dan sehat berkualitas maka 5 pola hidup sehat dilakukan secara konsisten.
1.    Pola makan yang seimbang
2.    Pola pikir yang positif
3.    Olah tubuh ->olahraga
4.    Meditasi
5.    Istirahat yang cukup