Imun Kuat, Cegah Penyakit Menular

Oleh : Ir.Gordon Djemat,AKP
Akupunturist & Penyuluh Kesehatan PT.SOMAN INDONESIA

Mitra sehat , Daya tahan tubuh atau yang sering disebut dengan sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan kuman, bakteri serta berbagai penyebab penyakit lainnya. Siapa sih yang gak ingin tetap sehat, cegah berbagai penyakit dengan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. karena berbagai penyakit akan menyerang apabila daya tahan atau imunitas tubuh sedang menurun. Dan daya atahan tubuh yang kuat juga dapat mencegah penyakit menular , lalu apa saja penyakit menular tersebut..? dan bagaimana cara pencegahannya ..? kita akan bahas hari ini dengan Ir Gordon Djemat,Akp Penyuluh Kesehatan Pt .Soman Indonesia dan akupunturis.

Apa itu sistem imun …?
Sistem kekebalan atau sistem imun adalah sistem perlindungan pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatu organisme. Jika sistem kekebalan bekerja dengan benar sistem ini akan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus serta menghancurkan sel kanker dan juga zat asing lain dalam tubuh. Jika sistem kekebalan melemah kemampuannya melindungi tubuh juga berkurang sehingga menyebabkan patogen termasuk virus yang menyebabkan demam dan flu dapat berkembang dalam tubuh . Sistem kekebalan juga memberikan pengawasan terhadap sel tumor dan terhambatnya sistem ini juga telah dilaporkan meningkatkan resiko terkena beberapa jenis kanker.

Mengapa sistem imun berhubungan dengan kualitas kesehatan pada manusia..?
Sistem imunitas tubuh memiliki fungsi yaitu
1.membantu perbaikan DNA manusia;
2.mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri, virus, dan organisme lain;
3.serta menghasilkan antibodi (sejenis protein yang disebut imunoglobulin) untuk memerangi serangan bakteri dan virus asing ke dalam tubuh.

Tugas sistem imun adalah mencari dan merusak invader (penyerbu) yang membahayakan tubuh manusia. Fungsi sistem imunitas tubuh (immunocompetence) menurun sesuai umur. Kemampuan imunitas tubuh melawan infeksi menurun termasuk kecepatan respons imun dengan peningkatan usia. Hal ini bukan berarti manusia lebih sering terserang penyakit tetapi saat menginjak usia tua maka resiko kesakitan meningkat seperti penyakit infeksi, kanker, kelainan autoimun, atau penyakit kronik.

Namun apa saja penyebab yang membuat system imun menjadi tidak baik , dan tidak stabil ..?
Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun :
• Radikal bebas
• Pola makan tidak sehat
• Tidak pernah berolahraga
• Jarang makan buah-buahan
• jarang makan sayur-sayuran
• Dan masih banyak penyebab lainnya

Biasanya ketika system imun tidak baik , apa yang terjadi pada tubuh ..?
1. Proses pemulihan diri yang lama dari penyakit apapun.
2. Selalu merasa lelah yang berlebihan meski telah mendapatkan jumlah istirahat yang cukup.
3. Sakit kepala terus-menerus bersamaan dengan mata dan hidung berair.
4. Sering megalami nyeri otot dan persendian
5. Mengalami sakit dan menunjukkan gejala yang sama setiap saat

Apa saja yang bisa memperbaiki sitem imun tubuh agar tetap terus membaik ..?

Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
1.Tidur yang cukup
Dengan tidur yang cukup tubuh pun akan mendapatkan kekuatannya kembali. Kurang tidur berkepanjangan akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental serta menurunkan kualitas hidup secara umum. Ketika tidur malam tubuh memiliki waktu untuk regenerasi sel dan penyegaran untuk aktifitas keesokan harinya .

2. Hindari rokok
Rokok dapat mengganggu dasar sistem daya tahan tubuh serta meningkatkan resiko banyak penyakit lainnya .

3. Kelola stres
Stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol dan jika berkepanjangan dan tidak dikelola dengan baik dapat menekan sistem kekebalan tubuh secara perlahan .

4. Banyak makan buah dan sayuran
Buah dan sayuran akan memberikan nutrisi yang penting untuk mendukung kekebalan tubuh . Pertimbangkan untuk memasukkan buah dan sayuran dalam setiap waktu makan . Lebih jauh pola dan menu makan yang sehat akan memberikan asupan nutrisi utama pendukung daya tahan tubuh seperti zinc, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan juga selenium .

5. Sinar matahari yang cukup
Paparan sinar matahari akan memicu produksi vitamin D yang tentu sangat baik untuk tubuh secara keseluruhan . Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko terkena infeksi pernapasan. Sebuah penelitian di tahun 2010 pada anak-anak menunjukkan bahwa asupan vitamin D 1.200 IU per hari akan mengurangi risiko influenza A secara signifikan .

6. Olahraga
Gerak tubuh dan olahraga yang rutin setiap harinya akan meningkatkan metabolisme tubuh secara umum membantu menjaga kebugaran tubuh serta memperkuat sistem pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

7. Konsumsi bawang putih
Bawang putih adalah agen anti-mikroba alami dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh . Namun memasak bawang dapat membunuh senyawa-senyawa penting untuk mendukung daya tahan tubuh kita. Untuk itu lebih baik untuk menyajikannya secara mentah dan tambahkan pada hidangan sebelum disajikan .Bawang putih yang telah tua dipercaya lebih baik karena proses penuaan alami akan meningkatkan level kandungan antioksidan bawang putih dan juga baunya tidak terlalu tajam .

Nutrisi apa saja yang di butuhkan untuk memperbaiki system imun ..?
Vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun berikut ini:

Vitamin A, Vitamin A sangat penting untuk sistem daya tahan tubuh . Vitamin larut lemak ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dalam proses oksidasi akibat radikal bebas . Perlindungan inilah yang kita butuhkan agar terhindar dari serangan penyakit saat usia bertambah . Vitamin A juga bermanfaat untuk melindungi penglihatan dari degenerasi macula. Vitamin A pun dapat meningkatkan kerja sel darah putih meningkatkan kekebalan terhadap infeksi dan karsinogen serta menjaga kesehatan jaringan lunak kulit dan membran mukosa yang menjadi system pertahanan terluar tubuh kita.

Vitamin B kompleks
Vitamin B kompleks diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita . Cara kerjanya adalah dengan mengubah makanan menjadi energi dan bahan bakar agar fungsi organ dapat berjalan maksimal . American Cancer Society pun mengatakan jika vitamin B juga mampu melindungi kita dari berbagai gangguan kesehatan Misalnya saja vitamin B6 yang penting bagi sistem imun .

Vitamin C
Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling banyak dikaitkan dengan sistem imun . Vitamin larut air ini memang digunakan sel darah putih untuk melawan infeksi dan peradangan. Konsumsi vitamin C secara berkelanjutan juga dapat membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka . Selain itu antioksidan di dalamnya dapat melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya dan polusi udara . Dosis tinggi vitamin C pun diyakini dapat menyembuhkan flu dan demam meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut .

Jika imun kuat , salah satu manfaat nya adalah dapat mencegah penyakit menular. Namun apa saja penyakit menular itu , apakah sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh ..?

Jenis Penyakit Menular, Penyebab dan Pencegahannya
Penyakit menular adalah penyakit yang dapat ditularkan atau berpindah dari orang yang sakit ke orang yang sehat atau belum terkena penyakit menular tersebut. Penularan penyakit tersebut dapat terjadi baik melalui perantara maupun secara langsung.

Berikut ini beberapa penyakit menular yang perlu Anda ketahui:
1. Influenza
Influenza atau yang lebih umum dikenal dengan flu adalah penyakit menular yang paling umum diderita oleh orang-orang. Influenza ini disebabkan oleh virus. Virus influenza adalah virus yang setiap waktunya bermutasi, sehingga sistem imunitas tubuh sulit mendeteksi virus yang satu ini. Karena sulitnya sistem imun tubuh mendeteksi virus influenza ini, maka tubuh cenderung lebih mudah terkena flu. Bahkan tubuh dapat beberapa kali terkena flu dalam waktu yang berdekatan.

Media Penularan :
Flu dapat ditularkan melalui sistem pernapasan juga melalui air ludah. Maka jika kita berdekatan dengan orang yang sedang flu, kemungkinan kita tertular flu sangatlah besar. Perantara udara adalah media penularan flu yang paling cepat.

Cara Pencegahan :
Menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Misalnya dengan makan teratur, istirahat yang cukup, minum air putih sesuai kebutuhan, berolah raga, dan memiliki gaya hidup yang sehat.Selain itu, menjaga daya tahan tubuh juga dapat juga didukung dengan asupan vitamin terutama Vitamin C yang bisa didapatkan di buah-buahan maupun vitamin yang dijual di toko-toko.

Pencegahan lainnya adalah dengan menggunakan masker ditempat umum, terutama bagi yang menderita influenza.

2. Tuberkulosis (TBC)
Tuberkulosis adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri basil. Bakteri basil yang menginfeksi adalah bakteri basil yang sangat kuat. Akibtanya, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengobati penyakit ini. Bakteri ini 90% cenderung menginfeksi paru-paru jika dibandingkan dengan organ-organ lainnya pada tubuh manusia. Penyakit ini biasanya ditandai dengan batuk terus menerus.

Penularan
TBC adalah penyakit yang menyerang pernapasan. Maka penularannya pun melalui pernapasan. Berdekatan dengan penderita TBC dapat memungkinkan kita untuk tertular. Selain itu, ketika penderita TBC batuk pun, bisa jadi itu merupakan sarana penularan TBC. Selain itu, penggunaan barang pribadi secara bergantian dengan penderita TBC aktif, seperti gelas dan sendok pun dapat menjadi jembatan penularan TBC.

Cara Pencegahan
• Mengurangi kotak dengan penderita TBC aktif. Jika akan kontak pun, gunakanlah masker untuk melindungi pernapasan kita. Serta hindari penggunaan barang pribadi yang bergantian dengan penderita TBC aktif.
• Pemberian Vaksin BCG (diberikan pada saat balita)
• Menjaga pola hidup yang baik dengan asupan makanan yang bergizi dan olah raga teratur.

3. Muntaber
Muntaber adalah penyakit peradangan usus yang disebabkan oleh virus,
bakteri, ataupun parasit lain seperti jamur, protozoa dan cacing. Selain karena itu, muntaber juga dapat disebabkan oleh keracunan makanan atau minuman yang mengandung bakteri atau zat kimia. Bakteri yang biasanya merupakan penyebab dari muntaber adalah bakteri Escherichia Coli. Kondisi lingkungan, terutama sanitasi air yang tidak bersih merupakan salah satu faktor besar dalam penyebaran penyakit ini.

Penularan
• Melalui cairan dari mulut (muntah) yang tidak dibersihkan dengan baik
• Melalui sisa kotoran yang menyebar di air yang dgunakan
• Melalui saluran air. Terutama jika sanitasi air di lingkungan sekitar masih buruk.
• Lingkungan yang tidak bersih atau sedang dalam kondisi seperti banjir yang tidak memungkinkan memiliki air bersih.

Cara Pencegahan
• Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi secara cukup dan seimbang
• Penggunaan air bersih untuk kegiatan sehari-hari terutama air minum
• Mencuci tangan secara teratur untuk menghindari bakteri menempel pada tangan. Terutama sebelum dan setelah makan
• Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
• Membuang tinja pada tempatnya dan membersihkan dengan baik
• Mencuci seluruh bahan makanan sebelum masuk proses pemasakan
• Menjaga kebersihan peralatan makan dan minum

4. Cacar Air
Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zosteryang menimbulkan bintik kemerahan di kulit yang menggelembung maupun tidak, melepuh, dan terasa gatal. Masa inkubasi virus penyebab cacar ini sekitar 2-3 minggu. Biasanya awal gejala ditandai dengan naiknya suhu tubuh.

Penularan :
• Cacar air dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. Seperti berjabat tangan, atau bersentuhan langsung dengan gelembung bintik yang pecah.
• Cacar air juga dapat menular melalui udara. Misalnya, saat penderita cacar bernapas, bersin, atau batuk dan terhirup oleh udara ke arah kita, kita dapat tertular cacar air.
• Melalui barang pribadi penderita, seperti pakaian

Cara Pencegahan
• Melakukan vaksinasi cacar air
• Menjaga kebersihan diri sendiri, pakaian, dan lingkungan
• Mengkonsumsi makanan bergizi

Berapa dosis yang di butuhkan untuk memperbaiki system imun ..?
Dosis 5 – 10 tetes per hari

Menurut pak Gordon bagaimana cara meningkat system imun tubuh versi pk Gordon ..?
Meningkatkan sistem imun tubuh dengan gaya hidup sehat yaitu:
1. Pola makan yang seimbang
2. Pola pikir yang positif
3. Olah tubuh -> Olahraga -> Senam 312
4. Meditasi
5. Istirahat yang cukup