Tingkatkan Imunitas Anak, Cegah Penyakit!

Oleh : Sutar,S.Farm
Produk konsultan PT SOMAN INDONESIA

Mitra Sehat, Peran penting kekebalan tubuh atau sistem imun yaitu memberikan perlindungan dari pengaruh luar (infeksi bakteri dan virus ) melibatkan sel dan organ pada organisme. Apabila kekebalan tubuh melemah maka perlindungan akan melemah dan menyebaban virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh dan berkembang. Pada anak-anak sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

“Lalu bagaimana caranya meningkatkan imunitas anak, untu cegah penyakit !” Untuk itu kita akan bahas hari ini dengan Sutar, S.farm Produk konsultan PT SOMAN INDONESIA.

Apa yang dimaksud dengan Imunitas?
Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh tubuh untuk melawan bakteri/virus atau antigen yang berisfat patogen sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Pada sistem imun ada istilah yang disebut Imunitas. Imunitas sendiri adalah ketahanan tubuh kita atau resistensi tubuh kita terhadap suatu penyakit. Jadi sistem imun pada tubuh kita mempunyai imunitas terhadap berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan tubuh kita.

Mengapa begitu penting menjaga daya tahan tubuh untuk seorang anak ..?
Anak merupakan buah hati yang berharga dalam keluarga, sehingga kesehatannya merupakan hal yang amat penting. Organ serta sistem pertumbuhan anak dan orang dewasa sangat berbeda, dimana pada anak belum mengalami pembentukan yang stabil sehingga ketika ada virus kecil masuk pun akan menyebabkan bebragai penyakit , apalagi kalau ada bakteri/virus yang berbahaya, dalam beberapa kasus bisa mneyebabkan keparahan penyakit anak.

Apa yang meyebabkan anak-anak mudah sakit ..?
Sebenarnya yang menjaid penyebab anak sakit memang karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna sehingga ketika anak/bayi menggigit mainan kotor, makan tanah sambil bermain dan makan apapun yang menurutnya menarik jika ada bakteri meski dalam jumlah sedikit menyebabkan turunnya imun anak, dengan begitu akan menyebabkan berbagai penyakit ringan, sedang bahkan bisa sampai berat pada anak.

Resiko terbesar untuk kesehatan tubuh anak jika mudah sakit ..?

Ada beberapa resiko penyakit berat pada anak jika sistem imunnya lemah :
Infeksi saluran napas bawah. Infeksi saluran pernapasan bawah termasuk pneumonia dan bronkitis. Sulit untuk percaya, tetapi faktanya infeksi saluran pernapasan bawah jauh melebihi jumlah korban tewas di seluruh dunia dibanding AIDS dan malaria. Angka kematian : lebih dari 4 juta jiwa setiap tahun.

HIV / AIDS. HIV atau human immunodeficiency virus tidak lebih dari pengikisan terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang, ketika pasien rentan terhadap infeksi lain. Adapun AIDS atau acquired immunodeficiency syndrome biasanya mengikutinya dalam waktu 8 sampai 15 tahun, kecuali pasien menerima pengobatan. Sering kali, pasien meninggal karena TB atau pneumonia setelah infeksi AIDS. Angka kematian : 3 juta jiwa per tahun.

Diare. Angka rata-rata infeksi: 4 miliar kasus didiagnosis setiap tahunnya. Diare pada anak sering disebabkan oleh rotavirus. Penyebab diare lainnya adalah kolera, disentri, dan sejumlah infeksi bakteri lainnya, seperti cacing mikroskopis. Diare mudah disembuhkan jika diobati secara dini. Kebanyakan kematian akibat diare, terutama pada anak-anak, berhubungan dengan dehidrasi. Angka kematian : sekitar 2,2 juta jiwa setiap tahun.

Penyakit apa saja yang memang sering muncul jika daya tahan tubuh anak sering turun …?
Sebelum menyebabkan penyakit berbahaya, kekurangan sistem imun juga biasanya akan menyebabkan anak mengalami penyakit-penykit umum, seperti :
•    Selesma. Penyakit yang paling sering menyerang dan gampang menulari orang dewasa mau pun anak kecil. Gejalanya demam, ingusan, batuk dan sakit kepala.
•    Flu. Virus flu yang ganas mudah menyerang anak kecil dan gejalanya antara lain berupa demam, sakit perut, nyeri-nyeri pada badan. Belakangan ini virus flu ada yang menjadi mutan (berubah) sehingga menimbulkan penyakit baru seperti flu burung.
•    Cacingan. Penyakit yang banyak diderita anak-anak adalah cacingan disebabkan oleh tangan yang kotor dan tidak dicuci sebelum makan serta makanan yang kurang direbus dengan baik. Cacing tambang biasanya akan keluar sendiri melalui kotoran sesudah minum obat cacing.
•    Kutu rambut. Biasanya anak-anak perempuan yang terkena penyakit ini. Boleh jadi ketularan teman di sekolah karena kutu rambut mudah sekali menular. Obat kutu rambut dapat dibeli di apotik dan cucilah semua seprei, handuk serta korden.

Lalu bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh anak ..?
•    Memberikan ASI EKslusif. Pada anak 0-6 bulan pemberian ASI ekslusif sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Penelitian yang dilakukan bahwa dengan memberikan ASI maka kekebalan tubuh anak meningkat dan memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan pencernaan

•    Istirahat Cukup. Penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan istirahat cukup. Istirahat yang cukup akan menurunkan risiko flu dibandingkan ketika kurang tidur. Bahkan porsi tidur sehat untuk anak berusia 3-12 tahun yaitu 10 jam perhari. Dengan demikian kebutuhan tidur anak lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa.

•    Mengurangi antibiotik
Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas diantaranya :
•    susu kedelai yang mengandung flavonoid yang dapat menambah daya tahan tubuh.
•    Ikan dan Telur mengandung seng yang dapat meningkatkan perkembangan tubuh, memperkuat imunitas dan menambah inteligensi
•    Vitamin C mampu meningkatkan ketahanan tubuh anak dari infeksi dan juga menyembuhkan luka. Dapat mengkonsumsi suplemen atau kandungan vitamin C yang alami dari buah dan sayur.

Konsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh :
•    Bawang Putih. Bawang putih sangat berguna untuk menjaga kesehatan kita dengan cara meregulasi hormon, menurunkan tekanan darah serta memperlancar aliran darah, dan banyak lainnya.

•    Daging. Daging kaya akan zink, elemen yang sangat penting dengan kemampuan untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih. Dan seperti yang kita tahu, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.

•    Yoghurt. Yoghurt mengandung biakan aktif yaitu bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri yang baik untuk kesehataan ini sangat esensial untuk menjaga sistem pencernaan, utamanya usus.

•    Telur. Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk sistem imun. Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dan B-kompleks, yang berpotensi untuk membasmi penyakit, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Lalu sebenarnya seorang anak butuh vitamin atau nutrisi apa saja untuk menunjang kesehatan nya ..?
Terdapat banyak jenis vitamin dan mineral, masing-masing dapat memberikan manfaat bagi tubuh anak. Namun ada beberapa yang sangat penting untuk anak, di antaranya:
•    Vitamin A akan mendorong pertumbuhan dan perkembangan normal anak; memperbaiki jaringan dan tulang; kesehatan kulit, mata, hingga respon imun tubuh terhadap penyakit. Sumber vitamin A yang baik antara lain telur, susu, keju, sayuran berwarna kuning-orange seperti wortel dan labu.
•    Keluarga vitamin B — B2, B3, B6, and B12 — akan membantu produksi energi, metabolisme, serta peredaran darah dan saraf yang sehat. Sumber vitamin B yang sangat baik antara lain daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju, biji-bijian, dan kedelai.
•    Vitamin C dapat membantu pertumbuhan otot yang sehat, jaringan ikat dan kesehatan kulit. Vitamin C juga secara alami meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vitamin ini ditemukan melimpah pada buah jeruk, stroberi, kiwi, tomat, dan sayuran hijau seperti brokoli.
•    Vitamin D dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi anak, serta–yang tidak kalah penting–membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Vitamin D bisa didapatkan melalui susu dan produk-produk olahan susu
•    Seiring pertumbuhannya, anak membutuhkan tulang yang kuat, dan kalsium sangat berperan dalam hal tersebut. Sumber kalsium yang baik antara lain susu, keju, yogurt, tahu, ikan tuna dan salmon.
•    Zat besi mendukung pertumbuhan otot serta sangat penting untuk produksi sel darah merah sehat. Resiko kekurangan zat besi bisa terjadi pada remaja, khususnya perempuan ketika mereka mulai mengalami menstruasi.

Ketika imunitas tubuh anak meningkat apa saja yang manfaat yang akan di dapatkan seorang anak selain sebagai pencegahan sebuah penyakit..?
•    Anak tidak mudah sakit
•    Tumbuh Kembang anak tidak terhambat
•    Sensitifitas organ dan motorik pada anak optimal
•    Pola pikir serta emosi anak terkontrol, dll

Lalu bagaimana dengan SOMAN , yang mempunyai 39 bahan alam  apakah memilki peranan di dalam nya ?
Soman adalah produk herbal yang terdiri dari 39 macam buah, sayur dan rempah yang semuanya memberikan khasiat secara sinergis. Soman mempunyai peranan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya :
•    Alpukat mengandung vitamin B1, C, A, dan mineral-mineral lainnya, yang menjadikannya sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Buah ini membantu membersihkan usus secara natural. Selain mengandung beta-carotene, alpukat juga mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.
•    Kelapa. Minyak kelapa dan kelapa memiliki keunggulan yang berlimpah untuk kesehatan. Mereka memiliki asam lauric yang berubah menjadi monolaurin. Jika Anda belum tahu tentang monolaurin, komponen ini ada pada air susu ibu dan secara alami menguatkan sistem imun bayi.
•    Sayuran hijau. Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin B1, A, dan C. Sayuran ini juga kaya akan zink. Sejauh Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan, jangan segan untuk memasukkan sayuran hijau dalam setiap hidangan makan Anda sehari-hari.
•    Ubi Jalar. Jangan salah, walaupun sering dipandang sebelah mata, ubi jalar (ubi manis) ternyata mengandung beta-karoten tinggi dan kaya akan vitamin A.Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan antar jaringan dalam tubuh. Ubi jalar mempunyai peran besar untuk kulit dalam mencegah bakteri dan kuman penyakit. Ingat, kulit Anda adalah bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh Anda.
•    Asam amino, multivitamin, mineral, asam lemak, omega 3 dan 9 yang terdapat dalam Soman juga membantu tumbuh kembang anak.

Kandungan di dalam SOMAN ada 39 bahan alam , apakah semuanya aman ..? dan tidak ada efek samping ..?
Karena bahan baku Soman merupakan buah, sayur dan rempah terpilih sehingga meski dikonsumsi oleh anak atau ibu hamil tidak akan memberikan dampak buruk bahkan sangat bagus untuk pemenuhan nutrisi.

Lalu apakah Produk soman ini boleh di gunakan secara jangka panjang . khusunya untuk anak-anak ..?
Boleh, kandungan AHA, DHA, EPA dan Omega (3,6,9) dapat meningkatkan sistem kerja otak anak

Apa yang menjadi keunggulan produk ini , dengan produk sejenis lainnya?
Soman telah terbukti secara scientific, kita melakukan berbagai pengujian ilmiah diantaranya uji toksisitas, uji kolestrol, uji kandungan dan uji klinik diabetes. Selain itu Soman juga aman karena sudah mendapat sertifikat MUI dan telah teregistrasi di BPOM.

Tips dari mas sutar mengenai imunitas anak untuk pencegahan sebuah penyakit?
•    Hidangkan makanan sehat bergizi seimbang. Cukupi kebutuhan buah-buhan, sayuran, dan biji-bijian. Hitung asupan kalosi sesuai usia anak.
•    Batasi pemberian minuman manis cukup satu porsi per hari dan motivasi anak agar memperbanyak minum air putih.
•    Terapkan kebiasaan diet makanan sehat untuk keluarga. Caranya, makan bersama di meja ma kan dengan hidangan menu makanan sehat. Ber lakukan aturan ini untuk semua anggota keluarga.
•    Hindari menyuruh anak makan saat ia tidak lapar atau menghabiskan semua makanan di piringnya. Biasakan agar anak makan perlahan-lahan, berhenti bila sudah kenyang, dan tidak memaksakan diri menghabiskan makanan yang sudah diambil.
•    Jika ingin mengapresiasi pencapaian anak, tawarkan hadiah selain makanan. Sebagai gantinya, ajak anak melakukan aktivitas seru. Bisa juga dengan membelikan mainan atau buku. (NA)