Bagaimana Diabetes Mempengaruhi Wanita

Oleh : Ir.Gordon Djemat,AKP
Penyuluh Kesehatan PT.SOMAN INDONESIA

Mitrasehat, Antara tahun 1971 dan 2000, angka kematian penderita diabetes pada pria menurun, menurut penelitian pada  Annals of Internal Medicine. Ini adalah kemajuan besar yang merefleksikan peningkatan dalam pengobatan diabetes.

Namun, menurut penelitian, angka kematian pada wanita penderita diabetes menunjukkan tidak adanya tanda perbaikan. Sebagai tambahan, perbedaan angka kematian di antara wanita yang menderita diabetes dan mereka yang tidak menderita diabetes justru lebih berlipat ganda.

Lalu bagaimana diabetes mempengaruhi seorang wanita ,dan bagaimana seorang wanita menjaga kesehatan tubuh nya serta mencegah komplikasi yang di timbulkan oleh penyakit ini . Kita akan  bahas bersama Ir Gordon Djemat,AKP seorang akupunturist dan penyuluh kesehatan PT SOMAN INDONESIA.

Bagaimana diabetes mempengaruhi seorang wanita ..?
Menurut penelitian angka kematian pada wanita penderita diabetes menunjukkan tidak adanya tanda perbaikan. Sebagai tambahan perbedaan angka kematian di antara wanita yang menderita diabetes dan mereka yang tidak menderita diabetes justru lebih berlipat ganda.

Penelitian diabetes pada pria dan wanita menunjukkan beberapa kemungkinan penyebab karena perbedaan gender.
Penyebab tersebut antara lain:
•    Wanita sering menerima pengobatan yang kurang agresif untuk faktor risiko kardiovaskular dan kondisi lain berhubungan dengan diabetes.
•    Komplikasi diabetes pada wanita lebih sulit untuk didiagnosis
•    Wanita sering memiliki penyakit jantung berbeda dari pria
•    Respon hormon dan peradangan berbeda pada wanita
Penemuan ini menekankan bagaimana diabetes mempengaruhi pria dan wanita secara berbeda. Bila Anda wanita penderita diabetes apa yang Anda rasakan dari semua ini?

Apa sebenarnya penyebab seorang wanita rentan memiliki penyakit ini dan semkin tinggi tingkat presentasenya di bandingkan seorang pria ?
Wanita mempunyai hormon estrogen di mana setelah menapouse akan mengalami kehilangan hormon estrogen. Inilah yang menyebabkan wanita menderita Diabetes Melitus.

Bagaimana dengan gejala seorang wanita yang memiliki diabetes..?
Bila Anda seorang wanita menderita diabetes. Anda akan mengalami gejala yang sama seperti pada pria . Akan tetapi beberapa gejala unik terjadi pada wanita . Memahami keduanya akan membantu Anda mengidentifikasi diabetes dan melakukan pengobatan dini .

Gejala unik pada wanita termasuk:
•    Infeksi jamur pada vagina dan mulut serta ruam pada vagina
•    Infeksi saluran kencing
•    Disfungsi seksual
•    Sindrom ovarium polikistik

Gejala yang dialami baik oleh wanita dan pria:
•    Meningkatnya rasa haus dan lapar
•    Sering buang air kecil
•    Kehilangan atau bertambahnya berat badan tanpa penyebab yang jelas
•    Lelah
•    Penglihatan kabur
•    Luka lambat sembuh
•    Mual
•    Infeksi kulit
•    Bercak kehitaman pada bagian tubuh yang memiliki lipatan
•    Mudah marah
•    Napas berbau manis atau aseton
•    Berkurangnya sensitivitas rasa pada kaki dan tangan
Penting untuk diingat bahwa kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 / tidak memiliki gejala yang terlihat.

Apa yang terjadi jika seorang wanita hamil menderita diabetes..?
Kehamilan yang beresiko tinggi adalah proses dimana kehamilan membahayakan kondisi kesehatan ibu atau calon anak yang sedang dikandung. Perawatan medis selama kehamilan yang baik merupakan hal yang penting bagi seorang wanita untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Faktor Penyebab Tingginya Resiko Kehamilan
Tidak bisa dipungkiri bahwa memang banyak faktor yang menyebabkan wanita menghadapi resiko kehamilan yang tinggi . Masalah kesehatan juga dapat terjadi justru pada saat seorang wanita sedang hamil .

Beberapa faktor penyebab tingginya resiko kehamilan adalah:
1.    Usia ibu.
2.    Kekurangan maupun kelebihan berat badan.
3.    Pernah terjadi masalah pada kehamilan sebelumnya.
4.    Menderita diabetes, HIV ataupun tekanan darah tinggi.

Kondisi Penyebab Tingginya Resiko Gangguan Kesehatan Pada Saat Hamil
Ada beberapa kondisi medis yang mengukur kemungkinan seorang wanita untuk memiliki kehamilan beresiko tinggi.

Beberapa kondisi medis tersebut, antara lain:
•    Preeklamsia dan Eklampsia
Preeklamsia mengacu pada sindrom yang mencakup protein urin tekanan darah tinggi dan perubahan dalam kadar enzim hati pada saat kehamilan. Kondisi ini dapat mempengaruhi ginjal ibu otak dan hati . Kondisi ini harus diobati setelah didiagnosis karena dapat menimbulkan komplikasi  jika tidak ditangani sesegera mungkin .
•    Eklampsia
merupakan bentuk yang lebih parah dari preeklampsia yang dapat menyebabkan koma dan kejang pada ibu.
•    Diabetes Gestational
Diabetes tipe ini hanya terjadi pada wanita hamil. Jika seorang wanita menderita diabetes gestasional dia harus memastikan untuk segera melakukan perawatan sebelum kehamilannya terganggu.
•    HIV / AIDS
Dapat membunuh sel-sel dari sistem kekebalan tubuh sehingga menghancurkan kemampuan tubuh untuk melawan beberapa jenis kanker dan infeksi. Perempuan dapat mentransfer HIV ke bayi mereka (menurunkan penyakit) setelah melahirkan atau saat menyusui .
•    Kelahiran Prematur
Adalah jenis persalinan yang terjadi sebelum waktunya . Dikarenakan bayi yang tak dapat tumbuh sempurna dan tidak dapat hidup di luar rahim . Untuk memastikan bahwa seorang wanita tidak akan mengalami komplikasi seperti itu / maka biasanya dokter akan mempertimbangkan untuk segera melakukan persalinan.

Apakah ginjal merupakan salah satu organ yang paling utama rusak jika seorang wanita menderita diabetes ?
Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi paling vital . Fungsi utama dari ginjal adalah membuang produk sisa hasil metabolisme tubuh serta cairan yang berlebih sebelum akhirnya dibuang dalam bentuk urin. Ginjal juga berperan penting untuk membuang obat-obatan yang telah Anda minum dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Selain itu organ tubuh manusia yang satu ini  juga memproduksi hormon yang sangat penting Hormon yang dihasilkan ginjal.
•    Ginjal membuat dua hormon utama, vitamin D dan erythropoietin.
•    Vitamin D sangat penting untuk sejumlah fungsi yang berbeda dalam tubuh. Sebagian besar vitamin D yang ada di dalam darah tidak aktif dan hal itu diubah oleh ginjal dan jaringan lain untuk mengaktifkannya. Aktif vitamin D merangsang penyerapan kalsium dari makanan, penting untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan juga membantu mengatur respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.
•    Erithropoietin diproduksi oleh ginjal dan bertindak atas sumsum tulang untuk merangsang produksi sel darah merah matang. Ginjal juga memproduksi prostaglandin untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh .

Lebih lanjut, ginjal sangat penting untuk mengontrol produksi sel darah merah serta vitamin D untuk menjaga tulang Anda supaya selalu sehat dan kuat. Mengingat berbagai fungsi vital dari ginjal ini. Ladies wajib menjaga kesehatan dari salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting ini . Apabila terjadi gangguan pada ginjal maka gangguan tersebut akan mengganggu seluruh fungsi dalam tubuh . Ketika ginjal Anda terserang penyakit racun akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh sehingga Anda akan lebih mudah sakit .Pada saat ginjal Anda mengalami gangguan dan berhenti bekerja Anda harus melakukan transplantasi ginjal atau cuci darah supaya Anda bisa kembali hidup normal . Maka dari itu mulai dari sekarang jagalah ginjal Anda supaya tetap sehat .


Apa efek terburuk seorang wanita yang sakit diabetes dengan kesehatan tubuhnya ..?
Sebagian besar penderita diabetes tidak sadar akan bahaya komplikasi yang bisa muncul akibat penyakit diabetes ini. Karenanya kami merasa sangat perlu untuk memberikan onformasi mengenai efek negative tersebut.
Ini dia 5 efek negative diabetes :
1.    Gagal Ginjal
2.    Retinopati Diabetik
3.    Ulkus Diabetes Melitus
4.    Hipertensi
5.    Penyakit Jantung
Apa saja sebenarnya yang meningkatkan resiko seorang wanita bisa memiliki diabetes serta penyakit penyertanya? apakah selalu keturunan ?
Orang cenderung mengalami diabetes tipe 2 bila mereka memiliki kondisi berikut:
•    Hipertensi (tekanan darah tinggi) lebih dari 140/90 mmHg
•    Kolesterol tinggi
•    Sindrom ovarium polikistik
•    Pradiabetes atau kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak mencapai tingkat diabetes
•    Tingkat trigliserida 250 atau lebih

Bagaimana cara seorang wanita mengontrol diabetes nya dengan baik ?
Diabetes tipe 2 sering berhubungan dengan gaya hidup. Faktor gaya hidup yang meningkatkan risiko termasuk:
•    Obesitas
•    Tidak aktif berolahraga
•    Merokok
•    Diet tidak sehat

Apakah seorang wanita yang mempunyai sakit diabetes, akan menurunkan sakitnya ke anaknya secara langsung ?
Diabates bukan penyakit menurun
Secara umum penyakit diabetes mellitus bukan penyakit menurun yang secara otomatis apabila dia mempunyai anak maka akan mengidap diabetes tetapi lebih disebabkan karena factor resiko secara simple jika orang tua anda pengidap diabetes apabila anda mempunyai kebiasaan suka ngemil atau obesitas dan jarang olahraga maka potensi atau resiko anda terserang diabetes akan lebih besar .

Bagaimana dengan ibu hamil yang memiliki sakit diabetes, apakah bisa di cegah sejak dini juga ?
Kurangi Resiko Diabetes Saat Hamil Sejak Dini

Kehamilan merupakan dambaan setiap wanita . Selain sebagai penyempurna kodrat kehamilan juga bisa menjadi sumber kebahagian bagi keluarga . Namun setiap kehamilan pada setiap orang akan terjadi berbeda-beda. Setiap orang mempunyai kebiasaan hidup yang berbeda begitu juga dengan kondisi kesehatannya. Kondisi kesehatan tubuh bisa disebabkan karena faktor keturunan  dan juga gaya hidup . Gaya hidup saat ini bagi seorang wanita yang belum hamil harus benar-benar diperhatikan karena dampaknya akan dirasakan nanti ketika hamil . Pun demikian bagi yang memiliki garis keturunan penyakit dalam keluarganya sebisa mungkin mengetahuinya sejak dini  agar kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan bisa dicegah .

Diabetes merupakan penyakit yang beresiko yang ditakuti semua orang penyebabnya selain karena adanya garis keturunan diabetes juga disebabkan karena salahnya pola makan atau kebiasaan hidup . Bagi wanita tentu menjadi berbahaya ketika mereka memasuki masa kehamilan . Selain akan berpengaruh pada waktu hamil  setelah melahirkan pun masih ada dampak yang akan didapatkannya yaitu menurunkan diabetes tersebut  pada anak yang dilahirkannya . Secara ilmiah karena faktor keturunan tidak akan membuat diabetes sembuh total sedangkan untuk diabetes karena kesalahan gaya hidup masih bisa dikendalikan dengan baik keduanya bisa diatasi dengan merubah pola hidup .

Merubah pola hidup akan mengurangi resiko-resiko seperti komplikasi pada mereka yang menderita diabetes karena keturunan . Sedangkan bagi yang tidak mempunyai garis keturunan merubah pola hidup akan membuat mereka terhindar atau sembuh dari diabetes.

Pola hidup yang bagaimana yang bisa membantu meringankan resiko diabetes?
Khususnya untuk wanita selain gemuk terlihat tidak menarik gemuk juga beresiko bagi seseorang untuk terkena obesitas yang menjadi salah satu penyebab diabetes . Maka jagalah berat badan agar tetap normal dengan asupan gizi yang seimbang berikut olahraga dan istirahat yang cukup . Jika berat badan normal dan tubuh sehat maka ketika hamil nanti tidak perlu khawatir akan penyakit diabetes . Kehamilan bisa berjalan lancar demikian juga dengan bayinya akan terhindar dari resiko diabetes .

Bisakah SOMAN sebagai pencegahan sakit diabetes dan penyakit penyertanya..? bagaimana cara minumnya ?
SOMAN bisa sebagai pencegah dari penyakit diabetes,  karena memang SOMAN terbuat dari 39 bahan alam terdiri dari buah , sayuran dan rempah dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh selain itu sebagai pencegahan berbagai penyakit karena cara kerjanya adalah memperlancar peredaran darah , memperbaiki metabolism dan meregenerasi sel untuk itu minum SOMAN secara teratur 7-10 tetes 3 x sehari.

Apa yang membedakan SOMAN dengan obat-obatan diabetes ..?apakah fungsinya sama..?
SOMAN berbeda dengan produk obat-obatan diabetes ,  karena SOMAN produk jamu tetes alami, dan jika digunakan secara jangka panjang sangat aman dan tidak ada efek samping berbeda dengan produk obat-obatan diabetes jika di gunakan secara jangka panjang akn menimbulkan efek samping.

Apakah penyakit diabetes bisa di sembuhkan ?
Penyakit diabetes tidak bisa di sembuhkan , tetapi penyakit ini bisa di kendalikan dan di control.

Bagaimana dengan kredibiltas produk soman? apakah bisa di gunakan sebagai jangka panjang pengobatan alami ?
Produk SOMAN memiliki kredibilitas sangat baik,  karena dengan memiliki pabrik yang jelas di Gorontalo , dan produk ini sudah terdaftar di BPOM, aman untuk kaum muslim karena HALAL, Serta ter uji klinik di UGM. (NA)