Sehat Dengan Diabetes dan Gagal Ginjal

Oleh : Ir.Gordon Djemat,AKP
Akupunturist & Penyuluh Kesehatan PT.SOMAN INDONESIA

Mitra Sehat,Salah satu komplikasi terberat dari diabetes adalah gagal ginjal. Diet menjadi salah satu perawatan yang sangat penting untuk mengontrol diabetes yang disertai dengan gagal ginjal. Jika Anda telah didiagnosa mengidap penyakit gagal ginjal sebagai akibat dari diabetes, yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membuat rencana makan (diet) yang tepat.

Karena bila salah, maka akan memperparah kondisi kedua penyakit ini. Lalu “Bagaimana cara hidup Sehat dengan diabetes dan gagal ginjal ..?”Kita akan bahasbersama dengan Ir.Gordon Djemat,Akp seorang akupunkturist dan penyuluh kesehatan PT.SOMAN INDONESIA.

Mengapa perlu mengatur pola makan untuk wanita yang menderita diabetes dan gagal ginjal?
Saat Anda menderita diabetes dangagal ginjal kronik, Anda perlu mengganti pola makan Anda. Pengaturan diet ini bertujuan untuk menjaga kesimbangan elektrolit, mineral, dan cairan pada penderita gagal ginjal, serta membatasi jumlah zat sisa metabolisme yang tertimbun di dalam tubuhnya.  Pengaturan diet ini harus disesuaikan dengan tingkat keparahan gangguan fungsi ginjal seorang pasien, sehingga harus dikonsultasikan lagi dengan dokter yang merawat pasien gagal ginjal tersebut. Secara umum, yang harus diperhatikan adalah:

•    Pembatasan konsumsi protein. Sangatlah penting untuk mendapatkan jumlah protein yang tepat karena protein diperlukan untuk membentuk otot, memperbaiki jaringan yang rusak dan melawan infeksi. Asupan protein yang sesuai akan membuat tubuh mendapatkan protein yang cukup tanpa menghasilkan urea (hasil metabolisme protein) berlebihan dan memperberat kerja ginjal. Protein hewani berasal dari telur, ikan, daging, keju, dan susu. Protein nabati berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian.
•    Pengurangan konsumsi garam. Batasi konsumsi garam sampai 4-6 gram sehari untuk mencegah timbunan cairan dalam tubuh dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.
•    Batasi asupan cairan.  Pada stadium awal, mungkin Anda tidak perlu membatasi asupan cairan. Namun, saat fungsi ginjal memburuk dan pasien menjalani hemodialisis (cuci darah), pasien akan menghasilkan urin dalam jumlah sangat sedikit atau bahkan tidak kencing sama sekali. Hal ini akan menyebabkan timbunan cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan timbunan cairan di jantung, paru dan tungkai. Yang termasuk cairan adalah air minum, kuah sayuran, kuah sup, jeli dan sebagainya.
•    Batasi asupan kalium karena ginjal yang sudah rusak tidak dapat membuang kalium dari dalam tubuh. Kalium yang tinggi akan menyebabkan irama jantung yang tidak normal dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Contoh makanan dengan kandungan kalium yang tinggi adalah pisang, jeruk, alpukat, kiwi, kismis, kacang-kacangan, kentang, asparagus, tomat, dan labu.  Pilihlah peach, pear, cherry, apel, strawberry, nanas, dan semangka, brokoli, kol, wortel, bunga kol, seledri, ketimun, terong, selada, bawang.
•    Batasi asupan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang. Kelebihan fosfor dalam darah akan menyebabkan kalsium berkurang sehingga tulang menjadi rapuh.  Contoh makanan yang tinggi fosfor adalah telur, susu, yoghurt, keju, biji-bijian, dan minuman bersoda. Anda mungkin akan memerlukan kalsium tambahan dan vitamin D untuk menjaga keseimbangan kalsium dan fosfor dalam tubuh Anda.

Apakah jika salah makan akan memperparah , kondisi pasien diabetes dan gagal ginjal ..?
Salah satu komplikasi terberat dari diabetes adalah gagal ginjal. Diet menjadi salah satu perawatan yang sangat penting untuk mengontrol diabetes yang disertai dengan gagal ginjal. Jika Anda telah didiagnosa mengidap penyakit gagal ginjal sebagai akibat dari diabetes, yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membuat rencana makan (diet) yang tepat. Karena bila salah, maka akan memperparah kondisi kedua penyakit ini.

Rencana diet ini akan membantu mengontrol kadar glukosa darah dan untuk mengurangi jumlah limbah cairan dari hasil proses ginjal Anda. Ahli gizi akan mengatur jumlah kalori harian yang harus Anda konsumsi. Akan dibagi-bagi lebih lanjut untuk jumlah protein, lemak dan karbohidrat yang tepat yang dibutuhkan tubuh Anda (untuk diabetesnya), dan disaat yang sama juga menurunkan jumlah natrium, kalium, fosfor dan cairan yang Anda makan (untuk gagal ginjalnya). Hal ini memang terbilang rumit, namun semua adalah untuk kebaikan Anda. Lambat laun pun Anda akan terbiasa dengan pola makan yang baru ini.

Bagaimana porsi sehat atau porsi diet seorang wanita penderita diabetes dan gagal ginjal di sesuai dengan keadaan mereka ..?
Ahli gizi akan memberikan panduan gizi khusus untuk Anda ikuti. Petunjuk ini tidak hanya akan memberitahu Anda jumlah protein, lemak dan karbohidrat yang harus Anda makan, petunjuk dari ahli gizi ini juga akan memberitahu Anda mengenai berapa banyak kalium, fosfor dan natrium yang boleh Anda konsumsi setiap hari. Karena jumlah mineral dalam diet Anda harus rendah (untuk gagal ginjal), Anda harus membatasi atau bahkan menghindari makanan tertentu, sekaligus berhati-hati pada makanan yang tidak ada dalam petunjuk yang direkomendasikan oleh ahli gizi Anda. Bacalah petunjuk dari ahli gizi dengan hati-hati dan sebaiknya Anda selalu mencatatnya dalam media yang selalu Anda bawa (buku atau gadget dll). Banyak pasien yang tidak tahu dengan jumlah natrium yang tersembunyi dalam makanan "sehat" seperti sup dan makanan beku rendah lemak. Minuman cola, beberapa macam teh, dan lemonades juga mengandung natrium dan fosfor yang harus dikurangi atau dihindari oleh penderita gagal ginjal. Mengetahui tentang informasi zat-zat apa yang terkandung didalam suatu makanan akan membantu Anda mencapai sukses diet ini dan agar Anda dapat dengan mudah menentukan pilihan makanan di luar, karena Anda sudah tahu makanan apa saja yang aman.

Adakah makanan yang memang harus di hindari pasien diabetes dan gagal ginjal..?
Minuman cola, beberapa macam teh, dan lemonades juga mengandung natrium dan fosfor yang harus dikurangi atau dihindari oleh penderita gagal ginjal.

Selain dengan menjaga pola makan , hidup sehat apa lagi yang memang bisa di terapkan untuk pasien diabetes dan gagal ginjal ?
Selain memang menjaga pola makan, pola hidup anda di atur, mengatur pola tidurnya, olah raga dan mediasi.

Selain diabetes adakah factor lain penyebab seorang wanita bisa mengidap gagal ginjal ..?
Penyebab tanda gejala gagal ginjal akut dan kronik perlu diketahui oleh kita semuanya dalam rangka pencegahan penyakit gagal ginjal tersebut. Berbagai faktor penyebab bisa menjadikan seseorang yang sehat menjadi sakit. Demikian pula dengan kita bisa mengenali penyebab gagal ginjal kita bisa menghindari dari penyakit gagal ginjal ini.

Pembagian penyakit gagal ginjal ini terbagi menjadi 2 yaitu:
1.    gagal ginjal akut
2.    gagal ginjal kronik

Kita semua bisa menjalankan segala aktifitas kehidupan kita dan juga bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat kepada orang banyak maka kita harus bisa menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Karena jika ginjal kita rusak, fungsi-fungsi ginjal tidak akan berjalan dengan baik.
Untuk penyebab karena faktor prerenal ini, maka gagal ginjal bisa disebabkan karena :
1.    Dehidrasi karena kehilangan cairan, misalnya karena muntah-muntah, diare, berkeringat banyak dan demam. Untuk itu kita tidak boleh menganggap suatu penyakit seperti halnya di atas kita anggap remeh karena bisa berakibat yang kurang baik bahkan buruk bagi kesehatan kita sendiri.
2.    Hipovolemia (volume darah yang kurang), misalnya karena perdarahan yang hebat bisa karena akibat kecelakaan, perdarahan post partum atau perdarahan akibat yang lainnya. Untuk itu kita juga perlu untuk mengetahui akan berbagai jenis luka dan juga proses penyembuhan luka itu sendiri sehingga kita bisa mencegah akan berbagai hal yang bisa menyebabkan perdarahan ini.
3.    Pemberian obat-obatan, contohnya adalah pemberian obat diuretic (pelancar kencing) yang menyebabkan pengeluaran cairan berlebihan berupa urin sehingga menyebabkan tubuh yang kekurangan akan air. Padahal air adalah salah satu faktor penting dalam tubuh kita.
4.    Dehidrasi karena kurangnya asupan cairan. Untuk itu kita harus bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita yang cukup contoh mudahnya adalah dengan minum air putih paling tidak 8 gelas sehari.
5.    Gangguan aliran darah ke ginjal yang disebabkan sumbatan pada pembuluh darah ginjal.

Penyebab gagal ginjal karena faktor renal sendiri adalah :
•    Sepsis. Angka kejadian sepsis juga kita harapkan bisa menurun. Karena dengan adanya sepsis ini akan menyebabkan sistem imun tubuh berlebihan karena terjadi infeksi sehingga menyebabkan peradangan dan merusak ginjal.
•    Obat-obatan yang toksik terhadap ginjal.
•    Peradangan akut pada glomerulus, penyakit lupus eritematosus sistemik, Wegener's granulomatosis, dan Goodpasture syndrome.

Dan penyebabnya antara lain :
•    Sumbatan saluran kemih (ureter atau kandung kencing) menyebabkan aliran urin berbalik arah ke ginjal. Jika tekanan semakin tinggi maka dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan ginjal menjadi tidak berfungsi lagi dan akhirnya terjadilah gagal ginjal.
•    Pembesaran prostat atau kanker prostat dapat menghambat uretra (bagian dari saluran kemih) dan menghambat pengosongan kandung kencing. Dengan terhambatnya proses pengosongan kandung kemih ini akan bisa memicu terjadinya gagal ginjal
•    Tumor di perut yang menekan serta menyumbat ureter.
•    Batu ginjal.

Berapa kali pengecekan rutin , yang harus dilakukan seorang pasien diabetes dan gagal ginjal untuk menjaga kesehatan tubuh nya ..?
Tergantung kepada keadaan pasien yang terkena, tetapi memang pemeriksaan rutin memang harus di lakukan agar pasien dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

Bagi wanita , olahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh , tetapi jika seorang wanita mempunyai sakit diabetes dan komplikasi ke ginjal . olahraga apa yang cocok untuk penyakit ini ..?
Olahragalah yang bisa di lakukan adalah olahraga yang low impact, seperti jalan pagi , berenang , atau olahraga khusus diabetes

Pencegahan akan selalu baik jika di lakukan sejak dini , cara-cara apa saja yang bisa di lakukan agar seorang wanita tidak mengidap sakit diabetes..?
Menjaga pola makan dengan tidak mengkonsumsi karbohidrat dan glukosa terlalu banyak, berolahraga secara teratur, dan melakukan pola hidup yang baik.

Soman memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, banyak sekali unsur buah ,sayuran dan rempah . Apakah dari 39 macam kandungan tersebut semua baik untuk menderita diabetes dan gagal ginjal ..?
39 kandungan di dalam SOMAN sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena terbuat dari buah, sayuran dan rempah. Karena terbuat dari alam maka dari itu tidak ada efek samping jika di konsumsi dalam jangka panjang.

Jika memang masih menggunakan obat-obatan diabetes bisakah berhenti dan hanya menggunakan soman saja ..?
Untuk obat dari dokter jangan langsung di lepas, karena SOMAN bisa di gunakan berbarengan dengan obat dari dokter. Anda bisa gunakan SOMAN terlebih dahulu 1-2 jam kemudian bisa mengkonsumsi obat dokter anda.

Bagaiamana SOMAN bisa di dapatkan ..?
Soman bisa dapatkan di apotek dan toko obat terdekat , atau anda bisa membuka website kamu di www.somanindonesia.co.id agar lebih jelas.

Bisakah berkonsultasi dengan penyuluh kesehatan soman ? bagaimana caranya ..?
Bisa sekali dengan konsultasi ke layanan bebas pulsa kami 0800-1010-800 melalui telfon rumah anda, atau ke 021-4200-5000. (NA)