Bahaya Tersembunyi Pada Vitamin

Mitra sehat , banyak orang yang memilih mengonsumsi vitamin, mineral atau suplemen diet tertentu karena ketiganya dianggap sebagai salah satu cara aman agar Anda tetap fit. Namun suplemen semacam ini ternyata tak seaman yang Anda bayangkan.

*) Ir. Gordon Djemat,AKP & Sutar,S.farm
Konsultan Pt.Soman Indonesia & Product Advisor Pt. Harvest Gorontalo Indonesia

Majalah Consumer Reports pun menggelar investigasi melalui wawancara, tinjauan sejumlah studi dan menganalisis beberapa efek samping suplemen vitamin yang dilaporkan pada FDA AS. Dari keseluruhan data tersebut, Consumer Reports pun menemukan sesuatu yang bahaya yang memang tersembunyi pada vitamin, mineral atau suplemen lainnya Apa saja itu..? dan bagaimana cara kita menyikapinya..? serta bagaimana dengan SOMAN..? Apakah bisa dijadikan pilihan yang terbaik untuk pengganti vitamin atau seperti apa..?

Q: Ir. Gordon Djemat,AKP

Apa itu vitamin..?
Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya"hidup"dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian.

Mengapa seorang anak membutuhkan vitamin..?
Para ahli gizi mengatakan bahwa pemberian multivitamin baru diperlukan jika anak tersebut:
•    Kebutuhan nutrisi dan gizinya tidak seimbang.
•    Rewel atau sulit makan.
•    Memiliki kondisi medis yang kronis seperti masalah asma atau pencernaan. Jika ia mengonsumsi obat dari dokter pastikan untuk berbicara kepada dokter anak Anda sebelum memberinya suplemen karena beberapa jenis suplemen dapat mengganggu proses metabolism obat . Aktifbermainataumenjalanikegiatanolahraga.
•    Menjalani diet vegetarian atau pembatasan diet lainnya.
•    Banyak mengonsumsi minum soda berkarbonasi.

Vitamin supplement seperti apa yang baik untuk anak-anak..? bagaimana ciri-cirinya..?
Pada anak-anak yang berusia sekitar satu tahun keatas secara umum tidak memerlukan tambahan vitamin.  Karena semua vitamin semestinya didapatkan secara alami dari ASI ibu. Yang perlu diperhatikan justru adalah pola makan ibu. ibu yang menyusui harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12 (berfungsi untuk mencegah Anemia padaanak) , zatbesi (juga berkaitan dengan Anemia) kalsium ,dan seng .

Apa Vitamin supplement yang paling baik untuk tubuh anak..?
Semua vitamin baik untuk anak, dan dapat dilihat dari apa yang dibutuhkan oleh anak tersebut.
Para ahli gizi mengatakan bahwa pemberian multivitamin baru diperlukan jika anak tersebut:
•    Kebutuhan nutrisi dan gizinya tidakseimbang.
•    Rewel atau sulit makan.
•    Memiliki kondisi medis yang kronis seperti masalah asma atau pencernaan.
•    Jika ia mengonsumsi obat dari dokter

Mengapa vitamin bisa berbahaya untuk tubuh si anak..? apa yang menjadi alasan tersebut..?
Vitamin bisa berbahaya untuk tubuh si anak  jika terjadi kelebihan atau kekurangan terhadap suatu vitamin. Contoh Pertama: Defisiensi vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, katarak, infeksisaluran pernapasan, dan penurunan daya tahan tubuh. Tetapi jika Kelebihan vitamin A di dalam tubuh dapat menyebabkan keracunan. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain  pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, dan pingsan. Selain itu bila sudah dalam kondisi akut hal ini dapat menyebabkan kerabunan  terhambatnya pertumbuhan tubuh pembengkakan hati dan iritasi kulit.
Contoh Kedua : Kekurangan vitamin D  akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X. Di samping itu  gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot pun akan mengalami kekejangan. Penyakit lainnya adalah osteomalasia, yaitu hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang. Penyakit ini biasanya ditemukan pada remaja, sedangkan pada manula, penyakit yang dapat ditimbulkan adalah osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang. Tetapi jika Kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh mengalami diare, berkurangnya berat badan, muntah-muntah, dan dehidrasi berlebihan.
Contoh ketiga : Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh, antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Selain itu, saraf dan otot akan mengalami gangguan yang berkepanjangan .Tetapi jika Kelebihan vitamin E dapat mengganggu proses pembekuan darah jika terjadi luka. Selain itu, vitamin E akan terakumulasi di jaringan tubuh yang mengandung lemak seperti liver dan berpotensi meracuni liver.

Apakah menurut pak Gordon SOMAN bisa menjadi solusi terbaik, untuk menggantikan vitamin yang beredar di luar sana..?  mengapa..?
SOMAN bisa membantu menjadi solusi terbaik, karena di dalam uji kandungan vitamin dan mineral ada di jamu tetes soman. Vitamin yang beredar di luar juga baik kalau memang mengandung vitamin yang benar.

Q: Sutar,S.Farm
Jika menurut pak Gordon SOMAN memiliki peranan penting untuk tubuh kita, bagaimana penjelasan mas sutar terhadap SOMAN dari segi kandungan di dalamnya..?
Vitamin yang terkandung dalam Soman lengkap sekali mulai dari vitamin A, C, E, dan K sehingga asupan vitamin tubuh dapat terpenuhi. Kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi vitamin karena sebenarnya tubuh tidak membutuhkan asupan vitamin terlalu banyak dalam keadaan normal seperti contoh vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh tidak sampai 1000 mg yaitu sekitar 60 mg sampi 100 mg saja dapat membantuk kerusakan jaringan pada tubuh. Sebaliknya mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan apalagi jika sumbernya berasal dari produk-produk suplemen akan berbahaya bagi kesehaan tubuh. Vitamin C yang berlebihan akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal karena harus bekerja lebih keras untuk mengeksresikan vitamin C dalam bentuk urine dan kotoran. Untuk menghindari hal tersebut konsumsilah vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan dan juga tidak kurang sehingga tubuh akan tetap sehat. Soman mengandung berbagai multivitamin, mineral, asam amino dan asam lemak yang dibutuhkan tubuh yang berasal dari 39 macam buah, sayur dan rempah sehingga tubuh akan tetap sehat.

39 bahan alam buah , sayuran dan rempah mengapa memilih ke 39 bahan alam tersebut..? ada alasan tertentukah ..?
Jadi 39 macam buah, sayur dan rempah yang terkandung dalam Soman, itu telah dilakukan penelitian sebelumnya mengenai manfaat dan juga khasiat kandungan,barulah dijadikan bahan baku dalam formulasi Soman. Seperti contoh buah Kiwi ternyata memiliki kandungan vitamin C lebih banyak di banding jeruk dan lebih banyak kandungan vitamin E di banding alpukat sehingga sangat tepat sekali bila dijadikan bahan baku Soman.Selain itu ada pula Manggis, Belimbing, Mengkudu, Pisang Groho, Anggur, Rumput teki danJ inten hitam yang dapat membantu dalam penyembuhan penyakit diabetes, hipertensi, kolestrol bahkan kanker. Sehingga selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, Soman juga dapat membantu dalam penyembuhan penyakit.

Selain 39 bahan alam apa saja yang menjadi keunggulan SOMAN di bandingan vitamin /supplement lain di luar sana..?
Selain aman tentu saja Soman berkhasiat, jika produk lain hanya menggunakan buahnya saja atau kulitnya saja Soman sendiri terdiri dari buah, sayur dan rempah sehingga lengkap sekali kandungannya. Selain itu soman sudah teregistrasi di Badan POM, kemudian mendapat sertifikat halal dari MUI dan juga sudah diuji kandungannya di laboratorium. Hal lain yang menjadi pembanding adalah bahwa Soman tidak mengandung zat kimia sama sekali, kita harus waspada terkait jamu herbal yang beredar dipasaran. Tidak sedikit produk jamu yang menggunakan obat kimia atau biasa disebut BKO (Bahan Kimia Obat) beredar tanpa kita ketahui. Jika terus-terusan kita konsumsi akan menyebabkan kerusakan pada berbagai organ seperti ginjal, jantung, hati, bahkan dapat menyebabkan kanker.

Membantu memelihara daya tahan tubuh merupakan manfaat utama SOMAN, tetapi bagaimana cara kerja SOMAN apakah juga begitu special ..?
Soman sangat baik untuk orang sehat dan penting bagi orang sakit karena kerja soman pada orang sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan meregenerasi sel, menutrisi sel serta melancarkan asupan oksigen pada sel. Sedangkan pada orang sakit kerja soman dapat membantu menyembuhkan penyakit karena mengandung senyawa “Flavonoid” di dalamnya. Telah diteliti bahwa senyawa flavonoid efektiv sekali dalam penyembuhan penyakit kanker dengan menjaga regulasi sel nomal, menginduksi apoptosis selkanker, menghambat invasi tumor dan meredakan peradangan.

Vitamin memiliki efek samping dan ada unsure bahaya di dalam nya jika di gunakan jangka panjang, mengapa SOMAN mengKLAIM SOMAN tidak ada efek sampping ..?
Soman tidak memiliki efek samping sama sekali, karena terbuat dari 39 macam buah, sayur dan juga rempah terpilih tanpa bahan kimia apa pun. Kita ibaratkan seperti makan buah dan sayur setiap hari tentu saja sedari lahir kita telah mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut apakah setelah dewasa ada efek sampingnya? Tentu saja tidak .Begitu juga dengan Soman, selainitu Soman juga telah diuji mengenai toksisitasnya, tidak akan menimbulkan keracunan meski dikonsumsi 1 botol sekali teguk.

SIAPA PRODUSEN SOMAN , TERPERCAYAKAH..?
Produsen Soman adalah PT Harvest Gorontalo Indonesia yang berlokasi di Gorontalo, didirikan pada tahun 2006 masih bernama CV Gorontalo Indonesia namun pada tahun 2012 telah menjadi perseroan terbatas menjadi PT HGI, sistem managemen ketenagakerjaannya pun sudah diakui oleh pemerintah dengan mendapatkan ISO

Mengapa SOMAN aman untuk anak-anak..?
Soman dapat dikonsumsi oleh semua golongan usia termasuk anak-anak dan lanjut usia. Soman mengandung AHA, DHA, Asam amino, omega 3, 6, 9 serta berbagai multivitamin yang baik untuk perkembangan tulang, otak serta tubuh anak. Oleh karena itu Soman sangat aman dikonsumsi anak-anak.

Saat ini isu yang merebak ada Vaksin Palsu, bagaimana dengan SOMAN apakah ada yang palsu..?
Untuk membedakan Soman palsu dan asli bisa di lihat dari kemasan dan juga organoleptic nya (warna, bentukdanbau). Kemasan soman dilengkapi dengan dus serta brosur, dalam dus Soman ada hologram bagian atas serta bawah dan juga ada kode daerah akan Nampak timbul jika diraba karena menggunakan sinar laser. Kemudian dari segi Organoleptik, Soman berwarna kecoklatan, tidak berasa dan tidak berbau.

Apakah SOMAN punya masa kadaluarsa..pada kemasan ..?
Tentusaja, bisa dilihat pada kemasan   

Berapa dosis yang tepat untuk pemakaian SOMAN bagi kesehatan tubuh ..?
Dosis Soman 3 tetes untuk anak-anak dibawah 5 tahun, 5 tetes untuk remaja, dewasa serta lanjut usia dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi jika ingin digunakan dalam membantu penyembuhan keluhan atau penyakit bisa dimulai 7 tetes, 10 tetes sampai 15 tetes.