Cegah Penuaan Dini dengan SOMAN

Mitra sehat , Jangan menganggap sepele kebutuhan tidur anak. Tidur nyenyak sangat penting bagi pertumbuhan anak. Karena, saat tidur pertumbuhan otak balita (bayi di bawah lima tahun) mencapai puncaknya. Otak juga mengonsolidasi segala memori dan pengetahuan baru. Tak hanya itu, otot, kulit, sistem jatung dan pembuluh darah, metabolisme tubuh, dan tulang mengalami pertumbuhan pesat saat tidur.

*) Pramesti Nindyaniningrum,AMG,S.Sos & Sutar,S.farm
Product Development Pt.Soman Indonesia & Product Advisor      

Hal itu disebabkan tubuh balita memproduksi hormon pertumbuhan tiga kali lebih banyak dibandingkan ketika dia terbangun. Bagaimana menjaga kualitas tidur pada anak ..? kita akan bahas dengan narasumber kita hari ini dengan tema “jagalah kualitas tidur anak anda!”

Q : Pramesti Nindyaniningrum,AMG,S.Sos

Bagaimana kualitas tidur pada anak yang baik..?
Tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Saat tidur di produksi hormon  pertumbuhan untuk memulihkan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh, membangun otot dan jaringan pendukung.  Fluktuasi produksi hormon ini dipengaruhi oleh cahaya, adanya cahaya bisa menghambat pelepasan hormon sehingga produksinya lebih banyak pada malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa tidur dapat meningkatkan kewaspadaan, menurunkan stress, serta meningkatkan fungsi kognitif terutama pada anak, termasuk perhatian, memori, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Kondisi kualitas tidur seperti apa yang dikatakan tidak baik..?
Seperti kita ketahui bayi dan anak-anak terbiasa tidur siang. Pada bayi misalnya bila tidak tidur siang akan rewel dan sering menangis. Akan tetapi tidur di malam hari jauh lebih bermanfaat dalam meningkatkan fungsi berpikir pada anak. Anak yang bisa tidur malam lebih lama memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang lebih banyak tidur siang karena anak yang lebih banyak tidur siang akan mengurangi waktu tidurnya di malam hari.  Jadi diusahakan untuk mengurangi waktu tidur siang pada anak dan memperpanjang waktu tidur malamnya. Berilah anak kesempatan untuk beraktivitas dan berkreasi tidak melulu memintanya untuk tidur siang sehingga tidur malamnya bisa lebih nyenyak dan lama. Hal ini sudah dilakukan penelitian di bagian anak Universitas Maryland di Amerika.

Gejala seperti apa yang terlihat , jika anak mengalami gangguan tidur…?
Bila jumlah waktu tidur anak tidak mencapai jumlah diatas dapat dikatakan kualitas tidur anak menurun. Anak-anak yang terus menerus kurang tidur sering sulit berkonsentrasi, tidak cukup berkonsentrasi dalam memproses dan mengingat informasi yang didapat yang berdampak pada kecerdasannya. Jadi kita sebagai orang tua harus memahami benar bagaimana mengatur waktu tidur pada anak sehingga bisa menjadikan generasi yang cerdas dan berprestasi nantinya.

Akan berdampak seperti apa jika kualitas tidur anak yang terganggu, bisa berdampak ke pertumbuhan dan perkembangannya..?
Tentu saja, itu semua akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Apakah waktu tidur setiap anak berbeda, dibedakan dari usia atau factor apa..?
Biasanya dibedakan dari usianya… Semakin besar usia kebutuhan tidurnya lebih sedikit disbanding dengan usia yang lebih kecil. Terutama bayi usia 0-2  bulan.

Kapan waktu ideal setiap anak agar mendapat kualitas tidur yang baik ..?
•    Bayi  0-2 bulan: 12-18 jam setiap hari, kurang lebih 8,5 jam tidur malam dan 7,5 jam tidur siang
•    Bayi 3-11 bulan: 14-15 jam setiap hari, kurang lebih 11 jam tidur malam dan 7,5 jam tidur siang
•    Balita 1-5 tahun: 12-14 jam, kurang lebih 10-11  jam tidur malam  dan 2 jam tidur siang
•    10-17 tahun: 8-9 jam setiap hari

Langkah yang bisa dilakukan sebagai orang tua, agar kualitas tidur anak baik dan tidakk terganggu..?
Ciptakan suasana kamar yang nyaman, bersih dan gelapkan lampunya

Apa yang bisa dilakukan orang tua sebagai sebuah pengobatan yang pas dan tidak berefek samping untuk mengatasi hal ini ..?
Jika Gangguan tidurnya disebabkan karena siklus tidur yang tidak terkontrol, sebagai orang tua kita wajib untuk mengaturnya. Seperti : tentukan waktu tidur yang pasti, matikan semua peralatan elektronik satu jam sebelum tidur, jangan makan porsi makan yang besar sebelum tidur, membacakan dongeng seblum tidur dan masih banyak hal lainnya. Tapi jika gangguan tidurnya disebabkan oleh suatu penyakit seperti gangguan pada fase tidur REM (Rapid Eye Movement), maka diberikan obat penenang karena berakibat pada kelainan syaraf , biasanya  menendang, berteriak, melakukan pukulan dan banyak hal lain yang bisa menjadi indikasi dari penyakit Parkinson. Tapi sejauh ini, yang menjadi permasalahan gangguan tidur biasanya seperti mimpi buruk, sleep walking (tidur berjalan), sleep paralysis dan insomnia yang bisa diatasi dengan pola hidup yang teratur, termasuk pola makan juga harus di perhatikan.

Bagaimana dengan SOMAN , apakah SOMAN memiki peranan penting dalam membantu menjaga kualitas todur pada anak ..?
Gangguan tidur diakibatkan oleh berbagai hal salah satunya adanya gangguan pada hormon yang mengatur rasa kantuk seperti hormone serotonin. Serotonin adalah hormone yang mengatur keadaan relaksasi otak termasuk mengatur rasa ingin tidur. Penyebab gangguan tidur seperti stress pun diakibatkan karena adanya gangguan pada serotonin. Soman memelihara kestabilan hormone-hormon tubuh termasuk serotonin, karena dalam soman sudah terkandung asam amino essensial dan non essensial yang menjadi bahan dasar dari hormone-hormone tubuh. Selain itu, adanya mineral, zat besi dan Magnesium juga dapat memberikan efek terapi pada gangguan tidur.

Kandungan apa yang berperan penting menjaga kualitas tidur pada anak ..?
Kandungan yang berperan penting adalah asam amino essensial dan non essensial sebagai bahan dasar dari berbagai macam hormone, sel dan syaraf terutama hormone serotonin dan dopamine.  Karena kedua hormone ini berperan penting terhadap siklus tidur juga konsentrasi otak. Selain asam amino, kandungan seperti zat besi, Magnesium dan mineral juga ternyata memberikan efek terapi  terhadap kelainan gangguan tidur, biasanya jika kekurangan senyawa ini akan menyebabkan insomnia dan gangguan tidur lain.

Jika anak sudah mengalami gangguan tidur yang berat, efek terparah apa saja yang akan terjadi ..?
Efek terparah yang ditimbulkan adalah depresi, stress serta gangguan psikis lain yang dapat menyebabkan kualitas hidup anak terhambat. Selain itu penyakit gangguan tidur juga menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk gangguan pada jantung, ginjal dan otak serta organ tubuh lain.

Bisakah minum SOMAN jika sudah kondisi seperti ini ..? mengapa ..?
Tentu saja bisa, Soman dapat membantu meningkatkan kinerja sel, jaringan serta hormone tubuh termasuk hormone pertumbuhan, serotonin dan dopamine. Sehingga ketidakseimbangan hormone yang menjadi pemicu gangguan tidur dapat teratasi.

SOMAN dikenal aman untuk semua kalangan , tetapi amakan jika digunakan dengan di campur  terapi medis..?
Soman telah teregistrasi di Badan POM dan juga mengantongi sertifikat halal dari MUI setempat sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, remaja bahkan lanjut usia. Soman aman jika dikonsumsi dengan obat medis akan tetapi cara penggunanannya diberi jeda 1 jam.

Perbedaan soman dibandingkan dengan produk sejenis..?
Soman terbuat dari 39 buah, sayur dan rempah terbaik yang saling bersinergis memberikan efek terapi bagi tubuh. Bukan hanya kulit manggisnya saja yang menjadi bahan dasar soman tapi juga sampai ke buahnya. Selain manggis ada alpukat, buah naga, rumput teki, mengkudu, belimbing, nanas, kacang merah, pisang, seledri, wortel, kemangi, apel dan masih banyak yang lainnya. Sehingga sangat lengkap untuk memenuhi nutrisi tubuh serta membantu dalam penyembuhan penyakit.

Apakah Produsen SOMAN bisa dipercaya..?
Produsen soman adalah PT Harvest Gorontalo Indonesia. Telah mendapatkan izin edar produk dari Badan POM dengan nomor TR 083677661. Selain itu telah mendapat sertifikat ISO dan lulus uji kehalalan dari MUI setempat. Jadi tentu saja produsen Soman jelas keberadannya dan terpercaya.

Apakah sudah banyak yang pakai SOMAN berhasil dan terjadi penyembuhan ..? ada kesaksiannyakah ..?
Konsumen Soman telah banyak sekali mulai dari anak-anak, dewasa sampai lanjut usia. Berbagai macam penyakit telah dibantu dengan Soman mulai dari penyakit hipertensi, diabetes, kolestrol bahkan kanker sekali pun.

Bagaimana jika ingin membeli SOMAN ..?dimana untuk mendaptkan yang asli..?
Soman telah tersebar di seluruh apotek dan toko obat di Indonesia. Atau bisa juga datang ke kantor Soman Jl. Angkasa No.35 Gunung Sahari Selatan, Kemayoran. Jakarta Pusat.(NA)