Langkah agar terhindar dari penyakit jantung !

Penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu dengan jumlah kematian hampir 17,1 juta jiwa di seluruh dunia setiap tahun menurut data World Health Organization. Namun dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, World Heart Federation mengatakan kita dapat terhindar dari penyakit jantung hampir 80 persen.
*) Sutar, S.Farm
Product Advisor Pt.HGI

Untuk itu akan Tanya narasumber kita hari ini , Sutar , S.farm sebagai product advisor Pt-HGI yang akan menjelaskan tentang bagaimana “langkah-angkah agar terhindar dari penyakit jantung.”

Apa saja penyakit Jantung ..?
Penyakit jantung menjadi penyakit yang sangat mengerikan untuk semua orang. Dari sebuah data yang didapatkan dari penelitian terbukti bahwa penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Berikut ini jenis penyakit jantung yang bisa Anda ketahui :
•    Penyakit Jantung Koroner
•    Aritmia
•    Penyakit gagal jantung
•    Penyakit Katup Jantung
•    Penyakit otot jantung
•    Serangan Jantung

Biasanya apa saja penyebab nya ..?
Penyebab penyakit jantung tergantung dari jenis penyakit yg dialami, tapi sebagian besar penyebab penyakit jantung selain diakibatkan oleh genetic, diakibatkan juga karena pola hidup yang tidak sehat. Sebagai contoh Penyakit Jantung Koroner (PJK) diakibatkan Aterosklerosis yaitu proses pengererasan atau penebalan pembuluh darah yang disebabkan oleh penyumbatan baik itu plak lemak, kolestrol dan sisa metabolism lain. Namun sebagian besar disebabkan karena gaya hidup yang tak sehat seperti merokok, alcohol dan banyak mengonsumsi makanan mengandung lemak  jenuh.

Bagaimana dengan gejala penyakit jantung, apakah sama tiap penyakit?
Pada awalnya penyakit jantung tidak menimbulkan gejala, namun akan terasa setelah penyakit sudah berkembang, apalagi untuk PJK biasanya tdk menunjukan gejala yang berarti, tiba-tiba saja pasien mengalami kematian atau serangan jantung mendadak. Gejala bisa dibedakan ketika penyakit sudah mulai berkembang, namun kalau untuk secara umum gejalanya hamper sama seperti sesak di dada, sulit bernafas, sakit kepala, detak jantung yang abnormal dan masih banyak lainnya (Harus cepat diagnosis).
Berapa biasanya rentan usia, untuk seseorang bisa terkena penyakit jantung ..?

Semua usia, Bahkan ada konsumen kami yang berusia 4-6 tahun mengalami kebocoran pada katup jantung. Jadi penyakit jantung bisa menyerang siapa saja krn selain bersifat genetic juga  diakibatkan dari pola hidup yang dijalani.

Apakah penyakit jantung merupakan penyakit genetic ..?
Iya memang benar, penyakit jantung disebabkan karena genetic. Tapi jika dibandingkan dengan pola hidup yang buruk, sekitar lebih dari 50% penyakit jantung disebabkan karena pola hidup yang buruk. Mulai dari mengkonsumsi Junk Food, makanan berlemak, merokok dan kurangnya olahraga.

Mengapa sekarang banyak sekali di usia-usia produktif sudah terkena serangan jantung ..?
Sudah saya katakan sebelumnya bahwa penyakit jantung disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Anak-anak, remaja hingga orang dewasa (usia produktif) disuguhkan dengan yang serba instan mulai dari makanan, kebiasaan (main game), minuman ringan, rokok dan masih banyak hal lainnya. Inilah yang harus kita perhatikan dan waspadai. Lambat laun tanpa gejala yang berarti tiba-tiba kita terkena serangan jantung dan menyebabkan kematian. contoh kasus Adjie Masaid.

Apakah benar seorang wanita menoupuse memiliki presentase tertinggi terkena serangan jantung. Mengapa ..?
Wanita menopause lebih beresiko menderita penyakit jantung dibandingkan saat usia produktif, tingkat resikonya berkejaran dengan laki-laki. Wanita belum menopause memang jarang kena serangan jantung karena ada perlindungan estrogen. Yang lebih mnegkhawatirkan ketika si wanita sudah terserang maka ini lebih parah, pembuluh darah menjadi lebih kaku disbanding pria. Sehingga butuh pencegahan sprt banyak bergerak, kurangi gorengan, karbo dan makanan asin.

Adakah makanan yang memang sangat baik untuk kesehatan jantung ..?
Untuk menyehatkan jantung dan membantunya bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bisa bermanfaat. Senyawa ini membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama pengganggu. Sedangkan bagi manusia, senyawa ini dapat membantu tubuh bekerja dengan baik.
•    Apel mengandung quercetin dan pectin berdasarkan penelitian mampu menurunkan kolestrol jahat (1 hingga 2 apel perhari)
•    Kacang merah ( 3 cangkir seminggu) kacang-kavangan lebih cpt kenyang sehingga dpt mengurangi konsumsi kalori
•    Biji-bijian (gandum, beras merah, jagung sebagai sumber utama karbo) mengandung serat, vit b, mineral, zat besi, zink dan magnesium
•    Bawang Putih dapat menggantikan garam sebgai penyedap, baik untuk kesehatan jantung krn makin banyak konsumsi garam maka makin tinggi resiko jantung dan stroke.
•    Anggur, kubis, buah berry dan the hijau.

Apa saja langkah-langkah yang harus di hindari untuk terhindar dari penyakit jantung ..?
•    Merokok (2-3 kali lipat terkena disbanding bukan perokok)
•    Berhenti mengkonsumsi lemak trans (lemak jahat)
•    Hindari makanan bergaram tinggi
•    Hindari obesitas
•    Dilarang menghentikan aktivitas fisik (Berolahraga 21 persen penurunan peny jantung, wanita 13 persen hindari gagal jantung)
•    Biasanya juga akibat dari obat-obat medis

Bagaimana dengan olahraga, olahraga apa yang cocok untuk penderita sakit jantung ..?
Berikut adalah jenis olahraga khusus yang cocok bagi anda yaitu berjalan, lari-lari kecil, bersepeda dan olahraga lain yang melibatkan kardiovaskuler. Setiap olahraga harus diawali dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Jangan pernah melakukan aktivitas berat secara mendadak dan jangan memaksakan kemampuan tubuh jika anda tidak mampu melakukannya karena hal itu dapat mengakibatkan gagal jantung serta kematian mendadak.

Bagaimana dengan cara kerja SOMAN ,untuk kesehatan jantung dan sebagai langkah pemulihan sebuah penyakit jantung..?
Mekanisme kerja soman untuk penyakit jantung
•    Mengelastiskan pembuluh darah
•    Memperlancar asupan oksigen dalam darah
•    Membantu dalam menyembuhkan kelainan pada sel jantung yang mengakibatkan kerusakan pada jantung
•    Mengandung asam lemak baik seperti Omega 3, 6, 9 serta antioksidan dan mineral lain yang memabntu mengurangi lemak jahat atau plak dalam pembuluh darah
•    Scopoletin dari mengkudu memperlebr pmblh darah yg mengalami penyempitan, melancarkan peredaran darah
•    Ditaiwan penelitian tomat + jambu dan terong ungu = 99% kurangi LDL

Kandungan soman apa saja yang memiliki khasiat menyehatkan jantung..?
•    Asam lemak baik (Omega 3,6,9)
•    Antioksidan
•    Vitamin, mineral serta kandungan dari mengkudu, terong ungu, papaya, kacang merah dan masih banyak yang lainnya secara penelitian dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Bagaimana dosis minum somannya untuk penderita jantung ..?
Dimulai 3 tetes, ditakutkan akan terjadi peningkatan ritme jantung, tapi jika tidak menglami indikasi apa-apa bisa ditingkatkan menjadi 5 tetes, dst. Tentu saja dengan pantauan dari kami.

Ada efek sampingkah jika di konsumsi secara terus menerus..?
Soman tidak menimbulkan efek samping apa pun jika dikonsumsi secara terus menerus karena soman terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia, sehingga sangat aman.

Siapa produsen soman ..?
PT Harvest Gorontalo Indonesia, berdiri pada tahun 2006 dengan nama CV HGI. Kemudian pada tahun 2012 telah berkembang menjadi PT HGI. Perusahaan juga telah mengantongi ijin edar produk dari Badan POM dengan nomor TR 083677661. Selain itu telah mendapat sertifikat ISO. Sehingga pasti soman itu aman dan nyata.

Bisa di dapatkan dimana produk soman ..?
Produk soman bisa ditemukan di seluruh apotek Indonesia

Bisakah konsultasi masalah kesehatan ke pt soman ..?bagaimana caranya ..?
•    Fb Soman : PT Soman Indonesia, Twitter : @SomanIndonesia, Website : www. Somanindonesia.co.id, Konsultasi layanan : 4223000 dan 08001010800 (bebas pulsa)
Bagaimana tips dari mas sutar untuk menjaga kesehatan organ jantung dan agar kesehatan lebih berkualitas..?Jaga Pola Makan,  Bergeraklah dengan Olahraga, Istirahatlah yang cukup, Konsumsi Soman, Bahagia .