Jagalah Kesehatan Rahim Anda !

Untuk menjaga system reproduksi anda sehat, sangat penting untuk menjalani gaya hidup sehat yang meliputi makanan bergizi dan olahraga teratur. Setiap komplikasi yang timbul dalam system reproduksi akan menyebabkan organ reproduksi rusak, ketidakseimbangan hormon, kesuburan dan kesulitan kehamilan. Jika kesehatan anda terganggu karena pilihan gaya hidup dan makanan maka akan berimbas pula pada system reproduksi yang terganggu.

*) Ir. Gordon Djemat,AKP & Putri Karimah S.Farm, Apt
Akupunturist, Konsultam Pt Soman Indonesia & Product Advisor Pt. HGI

Pertanyaan untuk Pak Gordon :

Apa Itu Uterus Rahim..?
Uterus adalah bagian dari sistem reproduksi wanita yang ada di dalam panggul. Kata "uterus" berasal dari kata Latin untuk "rahim." Selama kehamilan, janin (atau, dalam kasus kembar atau kelipatan janin) berkembang dalam rahim. Sebagaimana janin berkembang, rahim mengembang untuk memberikan ruang yang diperlukan. Manusia bukan satu-satunya makhluk yang mereproduksi melalui rahim. Bahkan, rahim adalah organ reproduksi wanita utama dalam kebanyakan mamalia.

Sebagai apa fungsi dari rahim tersebut..?
Fungsi uterus atau rahim untuk menerima sel telur yang dibuahi yang akan berubah menjadi janin dan menahannya selama perkembangan . Uterus juga membantu mendukung janin selama masa kehamilan. Uterus adalah tempat di mana telur yang telah dibuahi tertanam supaya terjadi kehamilan.

Apakah rahim bisa tidak berfungsi dengan baik apa penyebabnya..?
Ya, rahim bisa tidak berfungsi dengan baik. Penyebabnya adalah

•    Sumbatan pada saluran telur
Sumbatan saluran telur disebabkan antara lain adanya perlengketan pada sekitar saluran telur, hal ini sebagai akibat dari pernah terkena IMS dan radang panggul sehingga menghambat pertemuan sel telur dengan sperma.

•    Endometriosis
Yaitu sel selaput lendir rahim yang tumbuh pada tempat yang tidak semestinya, yaitu di indung telur. Hal ini dapat menimbulkan perlengketan pada sekitar saluran telur atau pada organ reproduksi lainnya.

•    Kelainan lendir leher rahim
terlalu pekat, yang dapat menghambat laju gerakan sperma
terlalu asam, yang dapat mematikan sperma.

•    Berat Badan Tidak Seimbang
Berat badan yang tidak seimbang dapat mengganggu kesuburan perempuan, karena tubuh memerlukan 17% dari lemak tubuh di awal masa siklus haid, dan 22% di sepanjang siklus haid. Lemak tubuh mengandung enzim aromatase yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon estrogen. Jadi, jika persediaan lemak dalam tubuh tidak memadai, akan memberikan andil besar terhadap ketidaksuburan.

•    Faktor Usia
Pada wanita, begitu masuk usia 35 tahun, kesuburan akan menurun dan semakin menurun drastis di usia 37 tahun sampai akhirnya masuk ke masa menopause di atas 40-45 tahunan. Cadangan sel telur akan terus berkurang setup kali wanita mengalami menstruasi dan lama-kelamaan akan habis saat menopouse. Sebaliknya, usia tidak membatasi tingkat kesuburan pria dimana “pabrik sperma” akan terus memproduksi sel-sel sperma selama anatominya normal.

•    Gaya Hidup Yang Penuh Stres
Gaya hidup ternyata pegang peran besar dalam menyumbang angka kejadian infertilitas, yakni sebesar 15-20%. Gaya hidup yang serbacepat dan kompetitif dewasa ini rentan membuat seseorang terkena stres. Padahal kondisi jiwa yang penuh gejolak bisa menyebabkan gangguan ovulasi, gangguan spermatogenesis, spasme tuba fallopi, dan menurunnya frekuensi hubungan suami istri

•    Kelainan Mulut Rahim
Normalnya, mulut rahim mengarah ke depan (antefleksi), sehingga berhadapan langsung dengan dinding belakang vagina. Kondisi inilah yang memungkinkan spermatozoa sampai ke dalam saluran mulut rahim yang menghubungkan antara vagina dan rongga rahim. Penyimpangan dari posisi normalnya, seperti retrofleksi (posisi rahim menghadap ke belakang), bisa menghambat terjadinya kehamilan.

•    Kelainan Rahim
Adanya kelainan  rongga rahim karena perlengketan, mioma atau polip; peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim, dapat mengganggu transportasi spermatozoa. Kalaupun sampai terjadi kehamilan biasanya kehamilan tersebut akan berakhir sebelum waktunya.

Biasanya penyakit apa yang  akan timbul jika rahim bermasalah ..?
Salah satunya adalah kanker rahim. Maka dari itu di sarankan wanita untuk melakaukan Pap Smear, meningkatkan daya tahan tubuh, tidak berganti-ganti pasangan , tidak merokok, serta menjaga pola makan dan hidup yang baik.

Hal-hal apa saja yang bisa kita ketahui tentang subur atau tidak nya seorang wanita..?
Masalah kesuburan merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bahkan bisa mengancam keutuhan suatu rumah tangga. Masalah kesuburan terjadi akibat terganggunya sistem reproduksi pada wanita dan terjadinya penurunan kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Sebuah penelitian menyatakan bahwa masalah KETIDAK kesuburan terjadi pada 40% akibat perempuan, 40% akibat laki-laki dan 30% akibat keduanya. Masalah Kesuburan atau infertilitas dapat diketahui jika sebuah pasangan suami isteri dalam jangka waktu 2 tahun belum juga dikaruniai kehamilan sedangkan mereka tidak menggunakan alat kontrasepsi. Jika hal ini terjadi, jelas terjadi masalah kesuburan yang cukup serius yang harus segera dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui siapa yang memiliki masalah kesuburan dan dilakukan treatment atau terapi untuk penyembuhan.

Pola makan seperti apa yang memang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ rahim..?
Makanan ini untuk menjaga kesehatan reproduksi :
•    Tomat : Salah satu sayuran yang berguna untuk menangkal kanker leher rahim dan kanker payudara adalah tomat. Kenapa harus tomat? Ini karena tomat mengandung likopen, yang juga baik untuk melindungi jantung, menurut para peniliti asal Boston. Sangat disarankan untuk memakan tomat yang sudah dimasak agar kadar likopen dan antioksidannya dapat meningkat.

•    Ikan Salmon : Menu makanan yang sehat untuk kesehatan rahim wanita Studi mempercayai bahwa omega-3 pada minyak ikan berguna untuk kesehatan rahim wanita, terutama saat sedang mengandung. Omega-3 dapat meningkatkan fungsi sambungan saraf di dalam otak janin dan mengatasi kesedihan pasca persalinan pada ibu hamil. Dan Ikan salmon lah sumber omega-3 yang paling baik.

•     Kacang Kenari : Selain kesehatan rahim wanita yang perlu di jaga, payudara juga memerlukan perhatian yang ekstra. Untuk mencegah tumbuhnya tumor dan sel-sel kanker pada payudara, konsumsilah dua ons kacang kenari setiap harinya. Peran penting kenari dalam melawan kanker didukung oleh antioksidan yang disebut pitosterol yang dikandungnya.

•    Biji Rami : Biji ramu atau biji bunga rami merupakan makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rahim wanita menopouse. Serangan panas yang biasa terasa pada wanita menopouse dapat dikurangi dengan mengkonsumsi 40 gram biji rami. Selain itu, kanker payudara juga dapat dicegah dengan memakan biji rami yang berwarna emas atau kecokelatan.

•    Yogurt Yunani : Yogurt jenis ini mungkin belum banyak dikenal. Namun, yogurt yunani ini jelas mengandung sedikit gula dan dua kali lipat protein lebih banyak dibandingkan jenis yogurt yang lain. Karena kadar gula yang sedikit, maka gula darah akan tetap stabil. Selain itu, seorang wanita dapat memelihara otot, termasuk otot rahim, dan juga menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi yogurt ini karena tingkat proteinnya yang tinggi.

Pertanyaan untuk Mba Puteri :

Pengobatan alami yang seperti apa yang dapat membantu masalah pada rahim ?
Pengobatan alami  dimulai dengan mengkonsumsi makanan sayuran dan buah dan yang penting juga mengkonsumsi makanan organik karena seperti yang biasa kita dengar bahwa saat ini banyak sekali makanan yang dicampurkan peptisida oleh sebab itu jika kita banyak mengkonsumsi makanan seperti itu akan mempengaruhi hormon progesteron, selain itu juga harus dengan pola makan yang sehat dan juga tetap dengan management stress karena jika kita stress maka system reproduksi kita juga terganggu.

Apakah minum jamu bisa menyehatkan rahim ? jamu seperti apa yang direkomendasi?
Iya justru kalo jaman dulu para wanita sering kali mengkonsumsi jamu, tapi dengan semakin berkembangnya jaman sekarang susah sekali untuk mengkonsumsi jamu,, oleh karena itu saya sangat merekomendasi untuk meminum soman karena soman dibuat dari 39 bahan alam dan mudah di konsumsi,

Bisakah dengan minum soman kesehatan rahim kita terjaga ? mengapa?
Sangat bisa dibantu meminum soman seperti yang sudah dijelaskan dengan pa Gordon disoman memiliki kandungan asam folat dan bukan hanya asam folat tetapi juga multivitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh, selain itu juga kandungan senyawa likopen, betakaroten, xanton masih banyak lagi yang berkhasiat sebagai zat antikanker rahim dan masih banyak lagi senyawa yang bermanfaat di dalam soman. sehingga soman dapat membantu banyak penyakit rahim.

Keunggulan soman dibandingkan dengan produk lain dari segi kualitas dari proses pembuatannya?
Ya karena soman ini produk kesehatan yang aman, bermutu dan berkualitas
Dari awal bahan yang digunakan sangat ketat dan harus memenuhi spesifikasi dan juga dari proses pembuatan soman sangat memperhatikan kebersihan dari peralatan, orang –orang yang mengerjakan dan juga bangunannya, dan orang-orang yang mengerjakan juga sangat berpengalaman dan kompeten.

Waktu untuk meminum soman ?
Bangun pagi minum soman, 1 jam sebelum makan siang dan juga sebelum tidur sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan.