Tumbuh Kembang Anak Terhambat, Ini sebabnya..?

Mitra Sehat, pertumbuhan anak menjadi salah satu persoalan di Indonesia. Tidak sedikit anak-anak di Indonesia mengalami pertumbuhan yang tidak semestinya. Terhambatnya pertumbuhan anak bukan melulu soal genetika, tapi kurangnya gizi dan aktivitas fisik.

*) Ariana Dewi S.Gz & Tatu Ratna Sari S.Farm,Apt
Product consultant Pt.Soman Indonesia & Product Advisor Pt.HGI

Jika berhubungan dengan masalah berat badan, anak-anak yang tergolong kurus itu sedikit lebih banyak berada di kota dibandingkan di desa.
Lantas, apa yang menjadi penyebab kurang optimalnya pertumbuhan anak-anak Indonesia. Maka dari itu sudah ada narasumber kita hari ini yaitu Ariana Dewi S.gz dan juga Tatu Ratna Sari S.Farm, Apt yang menjelaskan tentang tema kita hari ini yaitu , “Tumbuh Kembang Anak Terhambat, ini sebabnya..?

Pertanyaan untuk Mba Ariana :

Bagaimana sebenarnya kita sebagai orang tua menyikapi masalah tumbuh kembang anak?
Memiliki anak dengan tumbuh kembang optimal adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mewujudkannya tentu saja orang tua harus selalu memperhatikannya, mengawasi dan merawat secara seksama. Tumbuh kembang mencakup dua peristiwa yang sifatnya berbeda,tetapi sulit untuk dipisahkan. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah pertumbuhan dalam skala besar, jumlah atau ukura. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan fungsi organ atau individu.

Kebutuhan Dasar anak untuk tumbuh kembang secara umum adalah:
Asuh ( kebutuhan fisik-biomedis): menyangkut asupan gizi anak selama dalam kandungan dan sesudahnya, kebutuhan tempat tinggal dan perawatan kesehatan dini berupa imunisasi.
Asih ( kebutuhan emosional) : kasih sayang dari orang tua akan menciptakan ikatan yang erat dan kepercayaan dasar untuk menjamin tumbuh kembang yang selaras baik fisik maupun mental
Asah ( kebutuhan akan stimulasi mental dini): stimulasi mental mengembangkan perkembangan kecerdasan, kemandirian, kreaktivitas, agama, kepribadian, moral etika.

Apakah masalah tumbuh kembang anak bisa terhambat? Biasanya apa yang menyebabkan itu terjadi?
Bisa karna, contohnya kekurangan (defisiensi) zat gizi mikro jika tidak diatasi sejak dini akan berdampak buruk dalam jangka panjang dan menghambat tumbuh kembang anak.
Kecukupan zat gizi mikro sangat penting terutama untuk ibu hamil dan anak-anak balita,
kekurangan zat gizi mikro (vitamin, mineral, dan sekelumit/trace minerals) seringkali tersembunyi dan tidak disadari. Namun jika tidak segera diatasi bisa membawa dampak buruk dalam jangka panjang.

Apakah terlihat dengan kasat mata? Atau bagaimana gejalanya?
Pertama bukan hanya dari segi fisik, tetapi dari ciri2 sebagai berikut:
- Pola tidur tidak teratur
Pada bulan pertama, bayi tidur selama 13-16 jam sehari, tapi dalam pola yang tidak teratur. Ketika menginjak usia 4-6 bulan, bayi seharusnya sudah mengembangkan pola tidur yang teratur dan bisa tidur sepanjang malam. Namun, bayi yang mengalami masalah perkembangan tidak punya pola tidur yang teratur.
- Pola makan tidak teratur.
Makanan yang cukup dan sehat selama satu tahun pertama penting karena pertumbuhan dan perkembangan bayi banyak terjadi di tahun pertama hidupnya. Disarankan bayi makan sesuai kebutuhannya, kapanpun dia lapar tidak perlu dijadwalkan. Bayi pasti membentuk pola makannya sendiri. Seiring dia tumbuh, pola makannya tumbuh juga
- Hampir selalu menangis.
Menangis adalah bentuk komunikasi bayi pada orang tuanya. Hal ini normal dilakukan oleh bayi ketika dia merasa lapar, mengantuk, butuh perhatian, merasa tidak nyaman, popoknya perlu diganti dan lain-lain. Biasanya begitu kebutuhannya terpenuhi, bayi akan berhenti menangis.
- Tidak tertarik dengan mainannya.
Ketika menginjak usia 2-4 bulan, bayi mulai tertarik pada benda-benda di sekitarnya. Anda bisa berikan dia mainan yang mengeluarkan bunyi, seperti rattle atau mainan bertekstur seperti soft book. waspada bila bayi tidak tertarik dengan benda-benda baru yang Anda berikan padanya.

Apakah hal ini ada hubungannya dengan genetic dari orangtua?
Faktor genetik  merupakan  salah satu faktor yang memberikan pengaruh yang besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertumbuhan fisik anak sangat dipengaruhi oleh gen bawaan orang tuanya. Jika orang tuanya tinggi, maka anaknya pun akan mewarisi gen tinggi tersebut, begitu pula sebaliknya. Melalui instruksi dalam sel telur yang telah dibuahi, kualitas dan kuantitas pertumbuhan anak dapat ditentukan.

Bagaimana dengan alergi, apakah termasuk factor pemicu dari terhambatnya tumbuh kembang?
Orang tua pasti menghendaki anaknya selalu dalam keadaan sehat dan cerdas. Tapi bagaimana kalau anak anda memikili alergi, Pada 3 tahun pertama merupakan periode emas bagi perkembangan otak anak. Maka dari itu Berilah anak asupan nutrisi terbaik agar otak anak berkembang dengan optimal. Asam lemak omega-3 sangat baik untuk perkembangan sel saraf anak. Lemak ini bisa di dapat pada ikan salmon, dan tuna. Kacang-kacangan, ayam , brokoli, alpukat, telur, dan buah beri juga sangat baik untuk tumbuh kembang otak anak. Sehingga alergi pun bisa menjadi salah satu pemicu terhambatnya tumbuh kembang anak.

Langkah apa saja yang memang bisa kita lakukan sebagai orangtua untuk menyikapi anak yang tumbuh kembang nya terhambat?
tetap diberikan asupan nutrisi yang tentunya sesuai dengan usia anak, dan tetap dalam pantauan dokter spesialis anak, karna kalau suatu penyakit atau gejala penyakit jika terdeteksi dari awal, maka penanganannya pun akan lebih mudah.

Asupan/ pola makan seperti apa agar tumbuh kembang anak tidak terhambat?
- Anak usia 1-5 tahun
Anak – anak di usia balita pada umumnya sudah mulai mengenal makanan rumah padat yang dilunakkan selain itu mereka juga mulai mengenal pola makan orang dewasa. Sajikan dan bentuklah kebiasaan pada anak-anak untuk menikmati juice murni, sayur-sayuran yang direbus misal : wortel dan kacang panjang di sajikan dengan keju atau yogurt, sisipkan makanan yang penuh gizi dalam puding yang dibuat bersama  dengan anak.
- Usia 6 – 10 tahun
Anak – anak di usia ini sudah memasuki masa formal sekolah, aktivitas fisik mereka pun meningkat sehingga membutuhkan asupan yang dapat menunjang kegiatan mereka, Mereka mulai senang menikmati makanan sebagai bagian agar mereka dapat diterima dan ikut serta dalam kegiatan lingkungan sosialnya, oleh karenanya di usia ini mereka sudah mampu untuk menciptakan pendapat sendiri tentang makanan tertentu.

Adakah pengaruhnya dengan tingkat intelektualitas seorang anak jika tumbuh kembang nya terhambat? Mengapa?
Kekurangan Gizi dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik yang meliputi perkembangan emosi dan tingkah laku. Biasanya anak akan mengisolasi dirinya, apatis, pasif, dan tidak mampu berkonsentrasi. Akibatnya, perkembangan kognitif anak akan terhambat. Perilaku ini dapat dilihat pada anak yang menderita KEP (Kurang Energi Protein). kekurangan gizi menyebabkan terhambatnya pertumbuhan badan. Badan lebih kecil diikuti dengan ukuran otak yang juga kecil sehingga jumlah sel dalam otak berkurang. Keadaan ini dapat berpengaruh pada kecerdasan anak.

Kalau begitu jika anak kita kurus apakah berarti tumbuh kembangnya terhambat? Atau bagaimana fisik seorang anak yang sehat?
Untuk tumbuh kembang anak kita dapat sesuaikan dengan berat badan ideal anak, umumnya fisik seorang anak yang sehat berada pada berat badan yang sesuai dengan usianya, dan secara fisik terlihat kulit yang kenyal, mata yang sehat, dan rambut yang sehat.

Mba ariana seoang ahli gizi bisa berikan tips tidak kepada orang tua kita agar tahu bagaimana mencegah masalah tumbuh kembang anak agar tidak terhambat?
Memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk anak, dan memberikan pola asuh yang dapat memberikan hubungan atau bonding antara anak adan ortua semakin erat. Dan bila perlu tambahkan soman dengan cara diminum 3xsehari.

Pertanyaan untuk Mba Tatu :

Mba tatu sebagai product advisor dari Pt.Hgi bagaimana menurut mba tatu tentang peranan soman ..? apakah mempunyai peranan penting dalam menyikapi tumbuh kembang anak..?
Tentu, Soman dapat berperan terhadap tumbuh kembang anak, karena di dalam soman kaya akan nutrisi yang di butuhkan oleh anak. Nutrisi tersebut salah satu nya berupa asam lemak yang penting untuk membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kardiovaskular, membangun kekebalan tubuh, dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. EFA sangat penting untuk fungsi otak dan penglihatan. Yang tergolong EFA ke dalam omega 3 dan 6. Ada juga DHA ( docosahexaenoic acid ), yang sangat penting untuk perkembangan otak dan mata.

Banyak sekali supplement di luaran yang mempunyai khasiat bermacam2 ada yang untuk mencerdaskan anak, meningkatkan daya konsentarasi mengandung epa , dha dll. Nah bagaimana dengan soman kandungan apa yang bisa di tonjolkan di dalam produk soman yg bisa membantu mencegah tumbuh kembang anak terhambat..?
Iyah kalau supplement untuk anak di luar kebanyakan hanya mengandung dan menonjolkan satu atau dua nutrisi saja yaitu epa dan dha. Berbeda tentunya dengan soman. Soman selain mengandung asam lemak yang dibutuhkan oleh anak, soman juga mengandung multivitamin yang sangat di butuhkan untuk pertumbuhan anak. Multivitamin tersebut antara lain vitamin A yang baik untuk penglihatan dan pertumbuhan sel ; vitamin C sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh anak; vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan proses metabolisme ; vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selain multivitamin, soman juga mengandung mineral yang tentu nya baik untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh anak.

Ada rasa nya tidak jika minum jamu tetes soman .? karena anak-anak biasanya tidak mau kalau konsumsi jamu..?
Soman berbeda dengan jamu konvensional, karena soman tidak memiliki rasa dan hanya beraroma khas soman yang tentu nya berbeda dengan bau jamu. Untuk memudahkan pemberian soman, soman dapat di teteskan ke dalam minuman kesukaan anak seperti susu, sirup ataupun minuman kesukaan lainnya.

Banyak sekali pertanyaan dri mitra sehat salah satunya “apakah dengan minum soman dapat meningkatkan kecerdasan untuk anak saya..?” bagaimana mba tatu..?
Kandungan dalam soman memang dapat membantu kecerdasan anak, seperti EPA dan DHA. Namun sebenarnya untuk kecerdasan anak tidak cukup dengan mengonsumsi soman saja. Peran orang tua sangat di butuhkan, kerana kecerdasan itu perlu dilatih tidak bisa hanya dengan asupan dari luar saja. Akan tetapi perlu di sertai dengan belajar juga sehingga otak anak dapat terlatih.

Kalau dilihat apa she yang membedakan JAMU TETES SOMAN dengan Produk vitamin atau supplement anak..yang diluaran..?
Soman terbuat dari 39 bahan alam yaitu buah, sayur dan rempah. Dalam soman tidak terdapat bahan kimia sehingga aman digunakan dalam jangka waktu panjang. Berbeda dengan vitamin atau supplement anak di luaran yang biasanya terdapat kandungan kimia nya sehingga tidak boleh di konsumsi dalam jangka waktu panjang. Selain itu, vitamin atau supplement tsb hanya boleh di konsumsi saat di butuhkan saja.

Mengapa mba tatu begitu yakin dengan jamu tetes SOMAN, apakah punya pengalaman pribadi tentang khasiat soman . critakan .?
Tentu saja yakin, karena sudah banyak yang terbantu dengan soman. Saya sebelum konsumsi soman mudah sekali sakit, namun setelah konsumsi soman daya tahan tubuh saya meningkat pesat. Saya tidak mudah cape atau lelah saat berpergian jauh, dan tetap fit sepanjang hari tentunya.

Jika penggunaan soman pada akhirnya di berhentikan apakah ada pengaruhnya untuk kesehatan tubuh mitra sehat ..?
Tidak ada pengaruh saat konsumsi soman diberhentikan, kerana soman terbuat dari bahan
alam yang tidak menimbulkan ketergantungan. Saat tidak konsumsi soman lagi tubuh tidak akan merespon negative seperti saat diberhentikan nya zat adiktif. Akan tetapi jika ingin daya tahan tubuh teteap prima dan optimal, lebih baik soman di konsumsi secara rutin dan terus-menerus.(NA)