Ajarkan Anak, Berpuasa Sejak Dini !

Oleh : Ariana Dewi,S.gz & Vilinsianus,S.Farm,Apt
Poduct Consultant PT.SOMAN INDONESIA

Mitra sehat,
Melatih anak puasa, sebagai pendidikan kedisiplinan dan keagamaan di dalam lingkup keluarga. Keluarga merupakan landasan dasar tempat anak belajar baik dari perilaku maupun bimbingan orangtua. Anak merupakan penerus bagi kehidupan bangsa.

Pendidikan akhlak dan karakter anak sebaiknya mulai distimulasi sejak dini oleh orangtua. Bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan penuh keutamaan bagi umat Islam di dunia, bisa dijadikan moment yang tepat untuk pendidikan disiplin dan akhlak anak sejak dini. Lalu bagaimana tips dan trik dalam mengajarkan anak , dalam berpuasa sejak dini ..? kita akan bahasa bersama Ariana Dewi ,S.gz dan Vilin ,S.Farm,Apt sebagai product consultan PT SOMAN INDONESIA.

Ariana Dewi,S.gz ( Ahli Gizi & Product Consultant PT .Soman Indonesia )

Manfaat apa yang bisa didapatkan jika kita mengajarkan anak puasa sejak dini?
Ramadhan adalah momentum terbaik untuk pendidikan keluarga, khususnya pendidikan anak. Hasil riset Dr Muhammad Mustafa al Samri, Washaya al Aba'  fi Shiyam al Abna' (Pesan Orang Tua tentang Puasa Anak) menunjukkan bahwa anak-anak yang berpuasa Ramadhan cenderung mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan mental yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak berpuasa. Selain itu, anak yang berpuasa cenderung lebih mampu mengemban tanggung jawab (amanah) dan lebih cepat dewasa dalam bersikap, berpikir, dan berperilaku.

Melalui puasa juga, anak dididik untuk disiplin waktu. Mereka membiasakan diri bangun lebih pagi, shalat Subuh berjamaah, bertadarus bersama keluarga, dan belajar. Puasa juga mendidik anak untuk berlatih sabar dalam menahan rasa lapar dan dahaga, sabar dalam mengendalikan diri dari kebiasaan "serba enak",

Manfaat kesehatan apa saja yang bisa didapat anak jika berpuasa sejak dini?
Sebuah penelitian di Amerika Serikat tentang qiamul lail menyimpulkan, kebiasaan bangun malam, diikuti gerakan ringan seperti shalat, menghirup udara, dan minum air putih sangat baik bagi ketahanan dan kesehatan tubuh. Anak yang dibiasakan bangun malam atau pada waktu sahur akan memiliki kebugaran tubuh yang prima. Karena itu, melatih dan membiasakan anak berpuasa sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran fisik mereka di masa depan.
Tentu saja, latihan puasa harus diberikan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan fisik anak. Mula-mula, anak dilatih puasa hingga tengah hari. Artinya, anak diajak makan sahur bersama keluarga dan diperkenankan berbuka pada waktu Zhuhur, kemudian dilanjutkan lagi berpuasa hingga Maghrib. Setelah itu, anak dilatih puasa hingga Ashar, dan akhirnya puasa dari waktu sahur hingga Maghrib.

Usia brp biasanya anak diajarkan puasa?
Dari usia 7th sudah mulai dibiaskan untuk puasa setengah hari, ketika sampai usia baligh barulah anak sudah berpuasa full sampai magrib

Perlukah mengatur pola makan mereka selama puasa?seperti apa?
Salah satu cara untuk memastikan anak semangat berpuasa  ialah membuatkan makanan yang menjadi kesukaan anak. Tetapi usahakan juga jika makanan kesukaan anak adalah yang memenuhi standar gizi seimbang.

Misal untuk asupan karbohidrat, tak harus nasi, tetapi bisa juga roti atau biji-bijian yang lain seperti kacang hijau dan kacang merah. Protein bisa diambil dari tahu, tempe, ayam, ikan dan daging, dengan vitamin dan mineral dari sayur dan buah-buahan.

Apa yang bisa dilakukan anak-anak selama puasa agar tetap fit dan prima?
Kalau ramadhan seperti kegiatan pesantren kilat, atau olahraga konsep fun, misalnya bermain acak kata, ini berguna untuk mengalihkan rasa lapar dan haus etika puasa.

Adakah makanan yang tidak boleh dikonsumsi anak-anak selama puasa?
Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sangat beragam. Karena tidak ada satu jenis makanan saja yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Perlu lebih cermat memilih jenis makanan khususnya di bulan puasa ini. Meskipun makan sahur disunahkan, tapi sebaiknya jangan sampai dilewatkan. Makan sahur memberikan energi untuk Anda selama sehari penuh.

Makan sahur juga menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal. Selama puasa, makanlah makanan yang termasuk ‘karbohidrat kompleks’ seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan dicerna lebih lambat.

Selain makanan ‘karbohidrat kompleks’, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi. Agar Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.

Selama berpuasa, baik sahur dan berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan. Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Apa yang menjadi keunggulan produk ini disbanding dgn produk sejenis?
Banyak sekali yg menjadi keunggulan soman, seperti selain bisa lgsg diminum, soman juga bisa digunakan untuk luka luar spt luka komplikasi diabetes, luka sobek,sayat, dan juga bisa untuk masalah kecantikan, dan soman soman ini ph nya 9.4 jd sanagt baik untuk tubuh manusia.

Mengapa produk yang baik harus mempunyai no BPOM?
Karena terRegister di BPOM merupakan syarat wajib dr suatu produk, dan soman bukan hanya sudah terdaftar di bpom tetapi juga sudah tersertifikasi halal dari MUI.

Saran dari mb Riana dalam menasehati anak agar semangt dalam berpuasa?
Diberikan edukasi dan pemahaman dgn gaya bahasa anak2, agar si anak menyerapnya lbh mudah dan puasa bukan momok yg “sulit” bagi anak. Dan jangan lupa berikan anak soman saat sahur, buka dan menjelang tdr dgn dosis 5tts 3x1 agar nutrisi anak menjadi lengkap.

Vilinsianus,S.Farm,Apt ( Apoteker & Product Consultan PT Soman Indonesia )

Nutrisi apa saja yang di butuhkan seorang anak dalam menjalankan ibadah puasa..?
Nutrisi yang di butuhkan anak saat puasa berupa :
•    Karnohidrat sebagai sumber energi utama
•    Vitamin dan Mineral
•    Kalsium untuk tulang dan gigi.

Bagaimana cara mengajarkan sianak dalam berpuasa di bulan ramadhan ..?
Mengajarkan anak saat berpuasa memang gampang-gampang susah karena berbeda dengan orang dewasa. Dengan anak-anak kita dapat memeulai dengan memberitahu hal-hal yang sederhana mengenai maaf puasa. Mis : denag berpuasa kesalahan-kesalahan yang telah di perbuat akan terhapuskan. Atau dengan berpuasa Allah sangat senang dan makin sayang sama kita.

Perlukah vitamin khusus padaanak-anak yang sedang berpuasa..?
Perlukah Vitamin khusus untuk anak anak. Tidak memerlukan Vitamin khusus untuk anak-anak saat berpuasa. Namun bagi anak-anak yang tidak suka sayur dan buah-buahan, SOMAN menjadi alternatif yang tepat. Dengan kandung 39 jenis bahan alam yeng terdiri dari 18 jenis buah-buahan, 12 jenis sayuran dan 9 jenis rempah pilihan. Dengan kandungan vitamin, mineral dan serat yang terkandung dalam buah dan sayuran makan kebutuhan akan vitamin, mineral dan serat akan tercukupi bagi anak-anak yang tidak suka akan sayur dan buah-buahan.

Bolehkah SOMAN di konsumiolehanak-anak ..?mengapa di perbolehkan ..?
SOMAN bisa di komsumsi oleh anak-anak. Kenapa? Karena SOMAN selain mencukupi akan vitamin, mineral dan serat. Dalam SOMAN tersendiri terdapat kalsium bagus buat pertumbuhan tulang dan gigi. Terdapat zat-zat berkhasiat lainnya dalam membantu tumbuh kembang anak .

Lalu bagaimana jika anak-anak minum soman di bulan puasa ?manfaat apa yang di dapatkan ..?
Minum SOMAN saat berpuasa bagi anak-anak sagat membantu dalam memelihara dan tumbung kembang anak tersebut.Membantu dalam memenuhi kebutuhan akan nutrisi seperti vitamin dan kalsium. Manfaat yang didapat saat mengkomsumsi SOMAN bagi anak-anak, berupa kebutuhan akan energi akan tercukupi. Dengan DHA dan EPA membanntu dalam Tumbuh kembang otak. Meningkatkan imunitas, sehingan tidak gampang terkena sakit.

Ph di dalam Soman 9,4 . apakah dengan PHtersebut memiliki manfaat juga untuk memelihara daya tahan tubuh ..?
Dengan PH basa yaitu 9,4 maka proses penyerapan zat-zat berkhasiat dalam Lambung akan terserap dengan baik. Sehingan cepat dalam memperbaiki sel-sel yg rusak dan membantu meregenerasi sel-sel tubuh.

Saran dari,dan mas vilin dalam menasihat ianak-anak agar semangat dalam berpuasa di bulan ramadhan ..?
Selalu mengkomsumsi SOMAN tiga kali sehari selama ibadah puasa dapat membantu tubuh dalam melengkapi akan kebutuhan nutrisi. 10 tetes tiga kali sehari, dikomsumsi pada saat sahur, berbuka dan sesaat sebelum tidur malam. (NA)