Pentingnya Seorang Wanita Menjaga Daya Tahan Tubuh

Oleh : Ir.Gordon Djemat,AKP
Akupunturist & Penyuluh Kesehatan PT.SOMAN INDONESIA

Mitra Sehat, Menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar sangatlah begitu penting bagi wanita, jika wanita tidak menjaga kesehatan tubuh nya sendiri maka otomatis tubuh akan menjadi tidak sehat, gampang sakit dan tubuh akan memudahkan penyakit masuk kedalam tubuh kita.
Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang bugar dan sehat baik jasmani maupun rohani, karena dengan tetap sehat maka aktivitas yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan yang kita inginkan. Dengan sehat juga, maka kita tidak harus mengeluarkan banyak waktu dan biaya untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit.


“Jadi bagaimana cara seorang wanita menjaga daya tahan tubuh nya agar teteap sehat dan bugar..?” dan bagaimana dengan peranan soman didalam nya..? kita akan bahas hari ini dengan Gordon Djemat,AKP.

Apa itu kehidupan sehat dan bugar..?
Sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis .

Bugar adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa menimbulkan efek kelelahan fisik dan mental yang berlebihan. Jadi antara sehat dan bugar itu berbeda .
Orang yang sehat belum tentu bugar, tetapi orang yang bugar cenderung sehat.

Apa yang menyebabkan seorang wanita merasa kesehatan tidak sehat dan bugar ?
Karena tidak menerapkan gaya hidup sehat. Untuk dapat mencapai kondisi hidup dengan tingkat kesehatan maksimal maka kita memang harus menerapkan gaya hidup sehat secara maksimal pula . Untuk hal tersebut maka setidaknya kita mengetahui beberapa gaya hidup  yang mencerminkan hidup sehat dan sebenarnya semua itu bukanlah sesuatu yang mahal untuk menebus harga kesehatan yang begitu mahal .

Apakah terlihat gejala-gejala seorang wanita yang fisik nya tidak sehat dan bugar ?

Gejala-gejala seorang wanita yang fisik nya tidak sehat dan bugar:

1. Sesak napas
Apakah Anda pernah sesak napas setelah naik atau turun tangga? Nah itu tidak normal. Kemungkinan stamina Anda telah mencapai titik terendah. Mulailah olahraga atau melakukan aktivitas fisik seperti bergabung yoga atau kelas lain agar tubuh fit.

2. Bibir pecah-pecah
Jika hal ini sering terjadi maka Anda harus berhenti menyalahkan cuaca Karena bibir kering dan pecah-pecah adalah tanda kekurangan vitamin B12. Kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan penyakit seperti anemia dan kelemahan tubuh . Konsumsi daging, unggas, telur, susu dan bila perlu konsumsi suplemen vitamin B12.

3. Pilek
Apakah Anda sering pilek? Itu tanda sistem kekebalan tubuh Anda rendah . Akan lebih baik untuk mengkonsultasikan hal ini pada dokter Anda serta mengonsumsi Vitamin C .

4. Urine kuning
Perhatikan warna urine Anda untuk melihat indikator kesehatan tubuh Anda . Apa hubungannya? Jika Anda minum cukup air dan terhidrasi dengan baik maka urine yang sehat tidak kuning . Jadi minum setidaknya delapan gelas air sehari . Jika warna kuningnya tidak berubah mungkin Anda perlu memeriksakan ginjal Anda .

5. Kelelahan
Kelelahan tanpa alasan yang jelas bisa berarti Anda memiliki masalah tiroid .

6. Mendengkur
Jangan mengabaikan sebuah dengkuran Karena bisa jadi hal ini berkaitan dengan kondisi sleep apnea atau gangguan tidur yang terjadi ketika ada hambatan pada saluran napas. Hal ini dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan menyebabkan gagal jantung juga .

7. Masalah kulit
Jika Anda memiliki jerawat atau gangguan kulit lainnya secara teratur coba periksa apakah Anda menggunakan produk kecantikan yang salah . Selain itu bisa jadi karena Anda terlalu stress . Berlibur menjernihkan pikiran dan istirahat yang cukup adalah cara tepat mengatasi masalah ini.

8. Nyeri sendi
Nyeri sendi tidak ada hubungannya dengan berat badan Anda tapi ini berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. Selipkan 45-menit berjalan-jalan di sela-sela jadwal sibuk Anda dan Anda akan mulai melihat perbedaan.

9. Pola tidur berubah
Membersihkan kepala Anda dan mencoba untuk menangani secara rasional masalah Anda.

10. Kulit gatal
Bahkan setelah terus-menerus menggunakan salep kulit Anda masih sangat gatal Konsultasikan dengan dokter karena bisa jadi itu tanda penyakit liver.

Apakah faktor genetik bisa juga menjadi faktor penyebab kondisi seorang wanita gampang lemah dan sering sakit..?
Faktor genetik bisa juga menjadi faktor penyebab kondisi seorang wanita gampang lemah dan sering sakit.

Ciri-ciri adalah sebagai berikut:

1. Sering sakit punggung
Bila Anda tidak memiliki sejarah penyakit nyeri sendi  atau osteoporosis namun sering mengalami sakit punggung itu adalah pertanda ada yang salah di tubuh . Mulailah periksakan diri Anda ke dokter .

2. Nyeri pada perut dan panggul
Stop kecilkan arti nyeri panggul atau nyeri pada perut. Itu tandanya Anda membutuhkan bantuan medis .

3. Menstruasi tidak teratur
Menurut penelitian wanita di atas umur 55 tahun lebih berisiko untuk terkena kanker ovarium . Tapi faktanya wanita yang lebih muda juga bisa terjangkit kanker ini . Malah wanita yang belum mendapat siklus bulanan lebih rentan terkena kanker.

4. Selalu merasa kelelahan
Wanita yang terjangkit kanker ovarium biasanya sering mengalami mual, pusing, sesak napas, nafsu makan yang rendah, dan selalu merasa lelah. 80 persen wanita yang terkena kanker ovarium pernah mengalami setidaknya satu dari gejala tersebut.

5. Merasa kenyang tanpa banyak makan
Anda akan merasa kenyang meski hanya makan sedikit. Mereka yang pernah mengalami ini biasanya menganggap itu hanya karena masalah pada sistem pencernaan. Tapi sebenarnya ini adalah gejala umum tumbuhnya kanker ovarium di tubuh.

6. Sakit saat berhubungan intim
Menurut artikel yang diterbitkan di Medical News Today ketika Anda merasa kesakitan saat berhubungan seksual merupakan gejala dari kanker ovarium. Biasanya hal ini disertai rasa ingin buang air kecil yang mendesak serta terasa nyeri pada panggul seperti tertekan .

7. Muntah
Menurut seorang dokter kandungan dari Amerika Serikat kanker ovarium biasanya disertai dengan sembelit ketika kanker tumbuh akan muncul rasa mual, muntah, dan kehilangan berat badan.

8. Perut kembung
Perut Anda akan terasa kembung dan terlihat seperti wanita hamil? Jika Anda mengalaminya segera periksakan ke dokter.

9. Tumbuh rambut
Ini mungkin bukan gejala paling umum terjadinya kanker ovarium tetapi tidak boleh diabaikan . Tapi beberapa wanita mengalami kerontokan pada rambut sebagai gantinya.

10. Sering sembelit
Sembelit merupakan efek samping karena tumbuhnya kanker ovarium yang secara langsung memengaruhi sistem pencernaan dan perut . Sembelit merupakan gejala awal tumbuhnya kanker biasanya gejala ini dibarengi dengan kehilangan nafsu makan dan perut kembung .

Biasanya penyakit apa yang bisa menyerang seorang wanita ketika daya tahan tubuh nya melemah ..?
Biasanya orang dewasa menderita flu sekitar satu atau dua kali dalam setahun. Jika Anda mengalaminya lebih dari jumlah itu atau mudah terserang penyakit sudah bisa dipastikan kondisi tubuh sedang di level yang rendah . Bulan ini pilek, bulan depan demam, dua bulan kemudian batuk-batuk, ini tentu akan membuat sengsara. Oleh sebab itu Anda perlu mewaspadai kondisi tubuh sendiri .

Bagaimana mengetahui ketika daya tahan tubuh mulai melemah?

1. Kelebihan ‘si manis’. Studi yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan lima jam setelah kita mengonsumsi 100 gram gula kemampuan sel darah putih melawan kuman akan turun drastic . Seratus gram gula sama dengan tiga kaleng minuman bersoda ukuran sedang.

2. Timbangan naik terus. Satu penelitian yang melibatkan pasien-pasien flu babi menyebutkan bahwa para penderitanya memiliki ciri khas yang sama yaitu indeks massa tubuhnya lebih dari 40. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormone peradangan dan mengganggu kemampuan tubuh melawan Infeksi .

3. Rongga hidung terlalu kering. Rongga hidung tersumbat lender atau pilek dan rongga hidung terlalu kering sama tidak baiknya.
Lendir di dalam hidung berguna  untuk membantu "menjebak" dan membersihkan virus yang masuk . Tak adanya lendir di dalam hidung sama artinya memberi jalan masuk bagi kuman untuk menyerang pertahanan tubuh tanpa ada perlawanan .

4. Air seni keruh. Itu adalah tanda Anda kurang minum. Tubuh membutuhkan cukup air putih untuk mengeluarkan racun. Kebutuhan minum setiap orang berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh dan aktivitas masing-masing . Cara mengetahui apakah sudah cukup minum atau belum adalah dengan melihat warna urin . Urin yang baik adalah yang berwarna jernih  atau kuning muda jernih .

5. Uring-uringan. Bukan kebetulan kalau Anda terserang virus influenza kala pekerjaan di kantor sedang menumpuk . American Psychological Association melaporkan stres yang sering ditandai dengan uring-uringan dalam jangka panjang dapat melemahkan respon kekebalan tubuh . Jika stres saat sedang flu bisa dipastikan gejala yang akan dialami pasti akan lebih buruk lagi .

Ketika daya tahan tubuh sedang lemah sangat penting bagi Anda makan makanan bergizi dan cukup istirahat . Olahraga dengan intensitas moderat setiap hari juga dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit tidak mudah menyerang .

Nutrisi  atau vitamin apa yang di perlukan oleh seorang wanita agar dapat menjaga daya tahan tubuh nya ?
Lebih dari 75% wanita tidak mencukupi kebutuhan hariannya akan vitamin atau mineral.
Mengonsumsi multivitamin memang baik, namun hal itu tetap tidak akan menggantikan nutrisi yang sesungguhnya. Bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral akan membantu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker dan serangan jantung. Di bawah ini Anda dapat melihat jenis vitamin dan mineral apa saja yang Anda butuhkan:
Vitamin D
Mengapa diperlukan:
Vitamin D membantu Anda:
1.    mempertahankan tulang yang kuat,
2.    mendongkrak imunitas, dan
3.    mencegah sel-sel kanker tumbuh.

Bagaimana mendapatkannya: Minum dua gelas susu yang mengandung vitamin D setiap hari. Selain itu, berjemur di bawah sinar UV juga memicu kulit untuk memproduksi vitamin D . Berjemurlah hingga 15 menit di udara terbuka antara pukul 06.00-08.30 dua kali seminggu .

Magnesium
Mengapa diperlukan:
Kadar magnesium yang rendah bisa menyebabkan
•    migrain saat menstruasi
•    sakit kepala saat sedang stres,
•    meningkatkan risiko diabetes.

Bagaimana mendapatkannya: Sarapan, makan siang, makan malam, dan dua snack, lebih potensial memenuhi batas diet yang direkomendasikan . Bahan makanan yang paling dianjurkan: kacang-kacangan. Se-ons kacang jenis apa pun menawarkan 20% RDA (320 mg untuk wanita di atas 30 tahun).

Zat besi
Mengapa diperlukan:
Kekurangan kadar zat besi dapat meningkatkan risiko anemia dan mengakibatkan kelelahan dan kerontokan rambut.

Bagaimana mendapatkannya:  Tiga ons daging sapi menyediakan sekitar 20% RDA (18 mg untuk wanita di bawah 50 tahun).Begitu pula bila Anda mengonsumsi kedelai, tahu, bayam, meskipun zat besi dari bahan nabati tidak diserap dengan mudah oleh tubuh.“Tambahkan salad tomat atau potongan jeruk ke menu vegetarian. Vitamin C-nya akan membantu tubuh Anda memanfaatkan zat besi.

Kalsium
Mengapa diperlukan: Kalsium sering disebut sebagai pembangun tulang, namun mineral ini juga mengurangi gejala PMS, seperti perubahan mood dan kram perut. Riset yang diadakan Columbia University menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kalsium dengan cukup memiliki risiko yang lebih rendah (sebesar 31%) terhadap kanker payudara pramenopause, serta menurunkan risiko sebesar 11% terhadap tekanan darah tinggi.

Bagaimana mendapatkannya: Lengkapi sarapan Anda dengan sereal atau susu, maka Anda sudah memenuhi kebutuhan kalsium Anda sebesar 51% daripada yang melewatkan sarapan atau memakan makanan lain. Pilih sereal degnan 10% atau lebih RDA (1.000 mg), makan satu sampai dua makanan berbahan susu setiap hari, dan konsumsi multivitamin yang mengandung kalsium.

Asam Folat
Mengapa diperlukan: Biasanya kita hanya mendengar bahwa asam folat dibutuhkan ibu hamil, namun semua wanita sebenarnya membutuhkannya. Riset membuktikan bahwa kekurangan asam folat akan meningkatkan risiko serangan jantung dan kanker usus besar.
Bagaimana mendapatkannya: Konsumsi salad. Wanita yang mengonsumsi salad setiap hari akan memenuhi RDA (Recommended  Dietry Allowance. US RDA dicipta oleh Food Nutritional Board of the National Academy Sciences- National Research Council.US RDA direka khusus untuk menjadi panduan kepada semua pengguna sesuatu produk. asam folat-nya sebesar 41% (400 mcg). Jika Anda hamil, ambil suplemen asam folat dengan RDA 100%.

Pola makan seperti apa yang sangat cocok untuk seorang wanita agar tubuh nya menjadi sehat dan bugar..?

Pendidikan gizi pada wanita remaja dan dewasa diperlukan untuk mencapai status gizi yang baik dan berperilaku gizi yang baik dan benar .
Adapun dasar gizi seimbang yang diuraikan oleh Depkes adalah:
1. Makanlah aneka ragam makanan.
Tidak satupun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi  yang mampu membuat seseorang hidup sehat juga tumbuh kembang dan produktif . Makan makanan yang mengandung unsur-unsur gizi yang diperlukan oleh tubuh baik kualitas maupun kuantitas . Jadi mengonsumsi makanan yang beraneka ragam menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga zat pembangun dan zat pengatur.

2. Makanlah makanan untuk mencukupi kecukupan energi.
Setiap orang dianjurkan untuk memenuhi makanan yanng cukup kalori (energi)  agar dapat hidup dan beraktivitas sehari-hari. Kelebihan konsumsi kalori akan ditimbun sebagai cadangan didalam tubuh yang berbentuk jaringan lemak.

3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi.
Ada dua kelompok karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat kompleks berlangsung lebih lama daripada yang sederhana. Konsumsi karbohidrat kompleks sebaiknya dibatasi 50% saja dari kebutuhan energi sehingga tubuh dapat memenuhi sumber zat pembangun dan pengatur.

4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai ¼ dari kecukupan energi.
Lemak dan minyak yang terdapat dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi membantu penyerapan vitamin (A, D, E dan K) serta menambah lezatnya hidangan. Mengonsumsi lemak dan minyak secara berlebihan akan mengurangi konsumsi makanan lain.

5. Gunakan garam beryodium.
Kekurangan garam beryodium mengakibatkan penyakit gondok.

6. Makanlah makanan sumber zat besi.
Zat besi adalah unsur penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi berakibat anamia gizi besi (AGB), terutama diderita oleh wanita hamil, wanita menyusui dan wanita usia subur.

7. Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan dan tambahkan MP-ASI sesudahnya.
ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, karena mempunyai kelebihan yang meliputi 3 aspek baik aspek gizi, aspek kekebalan dan kejiwaan.

8. Biasakan makan pagi.
Bagi remaja dan dewasa makan pagi dapat memelihara ketahanan fisik, daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi belajar dan meningkatkan produktivitas kerja.

9. Minumlah air bersih yang aman dan cukup jumlahnya.
Aman berarti bersih dan bebas kuman.

10. Lakukan aktivitas fisik secara teratur.
Dapat meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot serta memperlambat proses penuaan.

11. Hindari minum minuman beralkohol.
Sering minum minuman beralkohol akan sering BAK sehingga menimbulkan rasa haus. Alkohol hanya mengandung energi, tetapi tidak mengandung zat lain.

12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan.
Selain harus bergizi lengkap dan seimbang, makanan harus layak dikonsumsi sehingga aman untuk kesehatan. Makanan yang aman yaitu bebas dari kuman dan bahan kimia dan halal.

Pencegahan seperti apa , yang bisa di lakukan seorang wanita agar tubuh nya menjadi sehat dan bugar..?

Berikut beberapa tips pencegahan atau cara menjaga kesehatan tubuh wanita :
•    Hindari stress yang berlebihan
Pengaruh kesehatan tubuh kita  bisa terjadi dari factor psikis kita . Maka hindarilah stress yang berlebihan agar tubuh kita tetap sehat  bugar dan juga fit . Selalu berbaik sangka dan berfikir positif . Apabila kita selalu berfikir yang baik dan tidak berburuk sangka pada orang maka bisa jadi bermacam masalah yang ada di depan kita dapat diatasi dengan mudah dan stress pun tidak akan terjadi .

•    Membudayakan hidup sehat
Kita diwajibkan agar kita membudayakan hidup sehat untuk menangkal dari stress yang akan terjadi . Cara menjaga kesehatan tubuh wanita ini bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan menjaga fikiran kita dari hal-hal yang negative menjaga kebersihan tubuh kita dan juga kebersihan pakaian kitan.

•    Olahraga dengan teratur
Olahraga setara rutin dan teratur setiap hari dapat menjaga kondisi kita agar tetap fit. Tubuh perlu di gerakkan agar otot-otot dapat bergerak dan merangsang tubuh agar tetap bugar. Selain daripada itu dengan kita olahraga teratur dan rutin, kita akan memiliki berat badan yang ideal.

•    Memperhatikan pola makan
Pola makan yang seimbang adalah merupakan kunci dalam menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Dengan menghindari dari makanan yang tidak baik bagi tubuh kita seperti minuman yang bersoda, fast food, gorengan, dan selalu memperhatikan asupan gizi maka kita akan selalu sehat.

Bagaimana cara kita menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat?
Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh :
1. Tetap langsing: berat ekstra menempatkan Anda pada risiko untuk serangan jantung, diabetes, kanker dan penyakit lainnya yang dapat mengurangi hidup anda.
2. Makan dengan baik dan sehat: 10 Porsi buah dan sayuran sehari (lebih berwarna lebih baik), banyak biji-bijian dan mengurangi garam, lemak dan gula.
3. Tidak merokok
4. Memiliki anak-anak kemudian: Seorang wanita yang menanggung anak setelah usia 40 memiliki empat kali dari kesempatan lebih besar untuk hidup sampai 100 daripada wanita yang melahirkan sebelumnya dalam hidup, menurut NECS.
5. Makanan otak: Apakah teka-teki silang, belajar bahasa baru, melakukan kegiatan hobi, semua hal yang berhubungan pikiran dan aktifitas menyenangkan. seimbang dan rajin melakukan olahraga.

Bagaimana cara nya SOMAN , dalam memperbaiki daya tahan tubuh setiap wanita..? bagaiman dosisnya ..?
Untuk memelihara daya tahan tubuh konsumsilah 5- 7 tetes 3 x sehari secara rutin.

Didalam SOMAN terdapat kandungan apa saja ..?mengapa soman sangat bermanfaat ?
Jamu tetes SOMAN terbuat dari 39 jenis ekstrak baham alam terdiri dari 18 buah, 12 sayur dan 9 rempah-rempah terpilih kaya akan fitronutrisi , Vitamin , asam amino dan lain sebagainya yang berfungsi  untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.

Dimana pabrik  produk jamu tetes soman ?
Di produk jamu tetes SOMAN ada di propinsi Gorontalo.

Bagaimana TIPS dari pak Gordon, untuk wanita yang ingin hidup sehat dan berkualitas..?
Gaya hidup sehat dapat :
•    Mengurangi resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi sampai 55%,
•    Mengurangi resiko diabetes hingga 50%,
•    Mengurangi resiko terkena tumor dan kanker hingga 35%,
•    Mengurangi resiko terkena serangan stroke dan jantung koroner hingga 75%
•    Dan yang paling penting adalah usia harapan hidup dapat diperpanjang hingga 10 tahun ke atas dari rata-rata usia harapan hidup manusia Indonesia.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang diperoleh seseorang yang telah melakukan dan menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari :
•    Dapat tidur lebih nyenyak
•    Dapat bekerja lebih maksimal
•    Dapat belajar dengan baik
•    Dapat berpikir sehat dan positif
•    Merasakan damai,nyaman dan tentram
•    Memiliki penampilan yang sehat
•    Mendapatkan kehidupan dan interaksi social yang baik
•    Lebih percaya diri
•    Menghemat biaya kesehatan
•    Terhindar dari penyakit. (NA)